Terbit: 27 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah anda sudah mengetahui berapa IMT atau Indeks Massa Tubuh anda? IMT dapat menunjukkan kondisi fisik tubuh kita gemuk, normal atau kurus. Setelah mengetahui IMT kita kerap menganggap IMT adalah hasil terbaik yang dapat digunakan untuk kondisi tubuh kita. Padahal IMT tidak bisa digunakan untuk beberapa kondisi tubuh.

Ini Alasan IMT Tidak Bisa Digunakan Untuk Semua Kondisi Tubuh

IMT umumnya dianggap sebagai cara paling tepat untuk dapat mengetahui kondisi tubuh kita. Hal ini disebabkan perhitungan IMT menggunakan perbandingan antara tinggi badan tubuh dengan berat badan tubuh kita. Sehigga telah memerhatikan dua hal yang cukup memengaruhi kondisi tubuh kita.

Akan tetapi IMT tidak bisa digunakan untuk beberapa kondisi. Hal ini disebabkan IMT hanya mengitung berat badan kita saja tanpa memperhatikan komposisi tubuh. IMT tidak dapat membedakan antara massa lemak dan massa otot tubuh kita.

Padahal ada beberapa kondisi yang memengaruhi berat badan dari salah satu komposisi tubuh tersebut. Misalnya, pada kelompok atlet. Pada atlet komposisi tubuhnya cenderung lebih banyak memiliki massa otot dibandingkan dengan massa lemak.

Menurut Jacqueline Morris, seorang pakar kesehatan nutrisi dari New York, atlet melatih massa ototnya sehingga menjadi lebih padat sehingga massa otot atlet menjadi lebih besar dibandingkan dengan massa lemaknya. Jika kita menggunakan IMT untuk menghitung kondisi fisik atlet, maka tubuh atlet yang sebenarnya memiliki kadar lemak tubuh normal dapat dikategorikan menjadi kegemukan, karena massa ototnya yang besar. Maka dari itu menentukan kondisi fisik tubuh atlet harus dikombinasikan antara IMT dengan perhitungan komposisi tubuh.

Disamping itu, kondisi hamil juga tidak dapat menggunakan IMT. Pada kondisi kehamilan kondisi fisik tubuh ibu umumnya bertambah karena adanya perubahan sistem tubuh yang menyebabkan meningkatnya volume darah, lemak tubuh dan berat janin. Maka dari itu jika ibu hamil ingin mengetahui bagaimana kondisi fisik tubuhnya, perhitungan yang dapat dilakukan adalah dengan memantau berat badan ibu dan janin selama kehamilan.

IMT digunakan untuk mengetahui perbandingan berat badan dan tinggi badan untuk orang dewasa, namun dalam penggunaannya kita perlu memerhatikan bagaimana kondisi komposisi tubuh kita. Sehingga kategori yang ditunujukkan oleh IMT akan dapat menunjukkan kondisi tubuh kita yang sebenarnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi