Terbit: 22 Oktober 2021 | Diperbarui: 24 November 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Lesung pipi dinilai sangat menarik bagi banyak orang. Ketika seseorang yang memiliki lesung pipi tersenyum atau berbicara, maka akan terbentuk lekukan pada pipi mereka yang dinilai sangat manis. Ketahui tentang bagaimana lesung pipi terbentuk, macam-macam lesung pipi, dan fakta menarik tentang lesung pipi.

Macam-Macam Lesung Pipi, Membuat Senyuman Semakin Manis

Mengapa Seseorang Bisa Memiliki Lesung Pipi?

Lesung pipi bisa terbentuk karena perubahan pada otot wajah yang disebut dengan otot zygomaticus major. Otot ini merupakan bagian dari anatomi wajah, membantu sudut mulut Anda untuk bergerak ke atas saat sedang tersenyum.

Pada orang normal yang tidak memiliki lesung, otot zygomaticus major biasanya dimulai dari tulang zygomatic pada pipi, kemudian terus ke bawah hingga terhubung dengan sudut mulut. 

Pada orang yang memiliki lesung pipi, zygomatic major terbagi menjadi dua ikatan otot yang berbeda dalam perjalanannya menuju sudut mulut. Satu ikatan terhubung pada sudut mulut, sementara ikatan yang lain terhubung ke bawah sudut mulut dan menempel pada kulit di atasnya. 

Terbaginya otot menjadi dua bagian ini disebut sebagai otot zygomaticus major ganda. Gerakan kulit di atas otot zygomaticus major ketika Anda sedang tersenyum kemudian membentuk lesung pipi.

Lesung pipi adalah hasil dari ketidaksempurnaan pembentukan otot yang terjadi saat perkembangan janin, sehingga terkadang malah disebut sebagai cacat lahir. Ini merupakan kondisi yang cukup langka dan bentuk lesung pipi setiap orang berbeda.

Macam-Macam Lesung Pipi

Lekukan pada daging yang membuat penampilan seseorang menjadi sangat menarik disebut dengan lesung pipi. Dalam bahasa Inggris, sebutannya adalah dimples. Berikut ini jenis lesung pipi pada wajah, termasuk lesung pada pada mulut dan dagu.

1. Lesung di salah satu pipi

Sebagian orang memiliki lesung hanya di sebelah pipinya saja. Lekukan yang ada di pipi ini membuat seseorang terlihat lebih menarik. Banyak orang yang beranggapan bahwa memiliki lesung di sebelah pipi membuat pemiliknya terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya.

2. Lesung di kedua pipi

Memiliki dua lesung pipi juga sesuatu yang sangat jarang ditemukan. Fitur wajah ini begitu terlihat pada orang yang memilikinya dan mempengaruhi penampilan wajah serta ekspresi mereka. Orang dengan dua lesung pipi terlihat sangat manis saat tersenyum.

Selain itu, dua lesung pipi juga menimbulkan kesan ramah dan bersahabat. Beberapa selebriti dunia yang memiliki dua lesung pipi adalah Miranda Kerr, Jennifer Garner, dan Adam Levine.

Baca Juga: Cara Membuat Lesung Pipi yang Aman (Disertai Risikonya)

3. Lesung pada sudut mulut

Macam lesung pipi lain yang juga tergolong langka adalah yang terletak di sudut mulut. Lesung pipi pada sudut mulut disebut fovea mentalis dan biasanya ditemukan di sisi bawah mulut. Lesung ini bisa ditemukan hanya pada satu sisi mulut saja atau di keduanya.

4. Belahan pada tengah dagu

Selain pada pipi, lesung juga bisa ditemukan di dagu. Bentuknya mirip seperti celah atau titik kecil, bisa juga berupa garis lurus yang membelah dagu menjadi dua bagian. Lesung pada dagu dihasilkan dari lekukan yang ada pada tulang dagu.

Pembentukan lesung dagu terjadi di dalam kandungan, diakibatkan oleh dagu di sisi kanan dan kiri yang tidak bisa menyatu secara sempurna. Lesung dagu lebih umum ditemukan pada pria, namun wanita juga bisa memilikinya.

5. Lesung pada punggung bawah

Lesung juga bisa ditemukan di bagian tubuh lain, bukan hanya pada dagu saja. Misalnya seperti lesung yang ada pada punggung bawah, tepatnya di atas pantat. Lesung di punggung bawah disebut dengan lesung Venus. 

Baca Juga: 11 Manfaat Senyum, Baik untuk Kondisi Psikis hingga Fisik

Apakah Lesung Pipi Terbentuk Karena Keturunan?

Banyak yang menyebutkan bahwa lesung pipi didapatkan dari keturunan. Artinya, orang yang memiliki lesung pipi cenderung memiliki anak yang berlesung pipi juga. Namun, penelitian tentang subjek ini masih sangat sedikit. 

Faktanya, orang berlesung pipi tidak selalu memiliki anak yang berlesung pipi juga. Selain itu, lesung pipi pada beberapa orang tidak bertahan seumur hidup dan berubah seiring berjalannya waktu. Baik itu mereka yang memiliki lesung pipi saat lahir, kemudian hilang ketika dewasa atau mereka yang tidak lahir dengan lesung pipi namun lesung tersebut muncul di usia kanak-kanak.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kemunculan lesung pipi tidak dapat diprediksi, yaitu sebagai sifat dominan yang tidak beraturan. Artinya, lesung pipi adalah sifat dominan yang sering, namun tidak selalu, diwariskan oleh orang tua kepada anak-anaknya.

 

  1. McVeab, Ada. 2017. Why Do We Have Dimples? https://www.mcgill.ca/oss/article/did-you-know/why-do-we-have-dimples. (Diakses pada 19 Oktober 2021).
  2. Seladi-Schulman, Jill. 2019. Why Do Some People Have Cheek Dimples? https://www.healthline.com/health/cheek-dimples. (Diakses pada 19 Oktober 2021).
  3. Uttekar, Pallavi Suyog. 2021. What Are Dimples Caused By? https://www.medicinenet.com/what_are_dimples_caused_by/article.htm. (Diakses pada 19 Oktober 2021).
  4. Wanjala, Caiaphas. 2020. Types of dimples with images. https://www.tuko.co.ke/319855-types-dimples-images.html. (Diakses pada 19 Oktober 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi