Terbit: 4 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Terserang flu saat puasa dapat membuat aktivitas yang Anda jalani sehari-hari menjadi berat. Untungnya, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi flu ketika puasa. Yuk, cari tahu cara mengobati dan mencegahnya di bawah ini!

6 Cara Ampuh Mengatasi Flu saat Puasa

Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Mengalami flu—apalagi diiringi dengan demam—ketika sedang menjalani ibadah puasa tentu sangat mengganggu jalannya ibadah. Apabila tidak pintar-pintar dalam mengatasinya, maka bukan tidak mungkin puasa bisa jadi batal, lho.

Terdapat cukup banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi flu saat puasa, berikut ini caranya:

1. Konsumsi suplemen vitamin C dan obat flu

Ketika kondisi tubuh sudah sakit, kebutuhan vitamin C bagi tubuh lebih tinggi. Untuk itu, setelah berkonsultasi dengan dokter akan kondisi flu dan resep obat flu, pertimbangkanlah untuk meminta resep suplemen vitamin yang cocok untuk kondisi flu ketika puasa.

Berkonsultasi dengan dokter akan sangat membantu karena dokter akan memberikan resep obat dan suplemen yang tepat.

2. Perhatikan asupan air putih

Agar kondisi tubuh tetap fit, maka pastikan untuk selalu mengonsumsi air putih yang cukup. Jika memungkinkan tingkatkan asupan air putih Anda sebanyak 1-2 gelas. Langkah ini penting untuk menjaga hidrasi tubuh tetap optimal saat puasa.

Untuk itu, perhatikan agar Anda untuk mengatur asupan air putih dengan cara yang tepat ketika sedang puasa.

3. Konsumsi minuman atau sup hangat

Sup ayam adalah makanan yang biasa dikonsumsi untuk mengatasi flu. Sup ayam adalah sumber cairan, elektrolit, protein, vitamin, dan mineral yang bagus untuk tubuh.

Selain itu, minuman hangat juga dipercaya oleh banyak orang membantu meringankan hidung tersumbat. Tetap terhidrasi membuat lendir pada saluran pernapasan lebih cair dan lebih mudah dibersihkan.

4. Makanan yang mudah dicerna

Flu dapat disertai masalah pencernaan, langkah yang terbaik adalah tetap makan makanan lunak dan mudah dicerna. Misalnya makanan tinggi pati, seperti nasi atau kentang.

Guna meredakan sakit perut, cobalah hindari makanan yang memicu iritan, seperti kafein dan makanan asam atau pedas. Selain itu, hindari juga makanan berlemak karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Apabila disertai mual, pertimbangkan untuk menambahkan irisan jahe ke dalam makanan, cara ini dipercaya membantu meringankan mual dan muntah.

5. Terapi uap

Melakukan terapi juga bisa menjadi cara menghilangkan flu saat puasa. Caranya cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Tuangkan air panas ke dalam baskom.
  • Arahkan kepala sekitar 20 sentimeter ke baskom dan tutup bagian belakang kepala dengan handuk supaya uap mengarah ke wajah. 
  • Hirup uap dalam-dalam selama selama beberapa menit.

Manfaat yang sama bisa Anda dapatkan jika menggunakan humidifier.

6. Istirahat cukup

Cara menghilangkan flu saat puasa bisa dengan memperbanyak istirahat. Sempatkan istirahat dalam waktu yang cukup, yaitu sekitar 7-8 jam sehari akan sangat membantu mempercepat kesembuhan Anda dalam mengatasi flu.

Pastikan juga untuk selalu cukup tidur agar asupan zat gizi dari makanan, minuman, obat serta suplemen bisa berfungsi optimal dalam tubuh.

Baca Juga: Influenza: Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan, dll

Cara Mudah Mencegah Flu saat Puasa

Baik belum terserang flu maupun sudah, penting untuk melakukan pencegahan penyakit. Ketika sudah terserang flu, ada beberapa langkah yang sebaiknya tetap dilakukan untuk membantu mempercepat kesembuhan, berikut di antaranya:

1. Meningkatkan imunitas dengan makanan bergizi

Cara pertama untuk mencegah flu saat puasa adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini akan sangat ampuh apabila mengonsumsi asupan vitamin dan mineral yang diperoleh dari bahan makanan segar.

Alasannya adalah bahwa asupan vitamin dan mineral dari bahan makanan segar akan mudah diserap oleh tubuh secara lebih optimal dan lebih banyak. Hal ini tentu akan secara efektif meningkatkan imunitas tubuh.

2. Pilih bahan makanan sumber vitamin C dan zinc

Zat gizi penting yang harus ada dalam asupan makan sehari-hari untuk tingkatkan imunitas adalah vitamin C dan zinc. Dua zat gizi ini menjadi penting untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Konsumsi bahan makanan sumber vitamin C dan zinc dari makanan segar, misalnya buah-buahan yang asam dan produk hewani, misalnya ikan laut atau daging merah yang sebaiknya ada dalam menu makanan harian selama puasa.

Pilih juga bahan makanan sumber vitamin C yang tidak asam untuk dikonsumsi pada saat awal berbuka, misalnya buah pepaya. Setelah berbuka, tingkatkan asupan vitamin C dengan buah yang asam misalnya menambahkan irisan lemon ke dalam sebotol air, seperti infused water atau lemon tea.

Baca Juga: 12 Cara Mencegah Penyakit Flu yang Mudah dan Ampuh

3. Menggunakan madu sebagai pengganti gula

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi madu sebagai pemanis akan lebih efektif mencegah flu. Ini berkat tingginya kandungan antioksidan pada madu yang mampu membuat tubuh lebih kebal dan mampu melawan virus flu.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan madu untuk mencegah datangnya flu saat puasa. Gunakanlah madu sebagai pengganti gula selama puasa, namun tetap perhatikan untuk membatasi konsumsi madu paling banyak 5-6 sendok makan dalam sehari.

Nah, itulah cara mengobati flu saat puasa dan cara mencegahnya yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Jacoby, Christopher. 2020. Quickest Way to Get Over the Flu?. https://www.healthguidance.org/entry/14931/1/Quickest-Way-to-Get-Over-the-Flu.html. (Diakses pada 4 April 2022)
  2. Petre, Alina. 2021. Can Fasting Fight the Flu or Common Cold?. https://www.healthline.com/nutrition/can-fasting-fight-the-flu-or-cold#TOC_TITLE_HDR_7. (Diakses pada 4 April 2022)
  3. Richards, Louisa. 2020. Is fasting a good idea during illness?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/fasting-while-sick. (Diakses pada 4 April 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi