Terbit: 22 Juni 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Telapak kaki pegal biasanya terasa setelah seharian bekerja, terutama pekerjaan yang mengharuskan berdiri dalam waktu yang lama. Untungnya ada banyak cara untuk menghilangkan pegal yang bisa Anda coba di rumah. Yuk, cari tahu cara selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini!

10 Cara Mudah Menghilangkan Pegal di Telapak Kaki

Cara Menghilangkan Pegal di Telapak Kaki

Pegal atau nyeri telapak kaki bisa mulai terasa karena menggunakan otot bagian kaki untuk waktu yang lama, termasuk berjalan kaki, berdiri, olahraga, dan aktivitas lainnya. Nah, ada banyak cara untuk mengatasi telapak kaki pegal yang bisa Anda coba di rumah.

Berikut ini cara menghilangkan pegal di telapak kaki:

1. Memijat kaki

Guna meningkatkan sirkulasi untuk meredakan pegal, Anda dapat memijat kaki sendiri atau oleh terapis. Duduk di kursi yang nyaman dan pijat bagian telapak kaki. Kemudian tarik dan tekuk jari-jari kaki untuk memijatnya. Gunakanlah lotion atau minyak untuk membantu melumasi kulit  agar lebih mudah untuk memijat kaki.

Alat seperti roller kaki (yang merupakan silinder bertekstur) juga bisa digunakan untuk membantu memijat kaki. Caranya dengan menaruh roller kaki di lantai, kemudian luncurkan kaki di atasnya dengan gerak maju mundur.

2. Istirahat

Ketika telapak kaki terasa pegal, sempatkanlah waktu untuk istirahat. Duduklah dan luruskan kaki guna meregangkan otot kaki atau mengangkat kaki lebih tinggi dari kepala. Cara ini untuk meredakan rasa sakit dan pegal.

Langkah selanjutnya batasi aktivitas untuk membantu mempercepat menghilangkan pegal dan rasa sakit di telapak kaki.

3. Melakukan peregangan

Meregangkan kaki adalah cara mudah yang bisa Anda coba. Waktu yang tepat untuk melakukan peregangan adalah setelah berendam air hangat; ketika otot-otot rileks.

Cobalah duduk dalam posisi yang nyaman, kemudian putar pergelangan kaki dan jari kaki secara lembut. Anda bisa menggunakan tangan atau pita fitness untuk meregangkan bagian yang kencang di telapak kaki dan pergelangan kaki.

4. Merendam kaki di air hangat

Merendam kaki di dalam hangat dapat membantu menghilangkan pegal dan rasa sakit di kaki. Anda bisa menambahkan garam Epsom ke dalam rendaman kaki untuk meredakan nyeri otot dan bahkan dapat mengurangi pembengkakan di kaki.

Cara membuatnya dengan menambahkan satu cangkir garam Epsom ke dalam bak berisi air hangat. Kemudian rendamlah kaki dalam campuran ini selama sekitar dua puluh menit untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal.

5. Kompres dingin

Kompres dingin atau kompres es bisa membantu meredakan telapak kaki pegal. Namun, jangan meletakkan es langsung ke kulit. Buatlah kompres es menggunakan kain atau handuk bersih untuk membungkus sekantong es. Kemudian terapkan bungkusan itu pada telapak kaki yang pegal selama sekitar 15-20 menit setiap kali.

Cara lain adalah dengan meletakkan botol air dingin atau beku di lantai, lalu gulingkan bagian kaki yang sakit di atas botol. Tips ini sangat berguna untuk orang dengan plantar fasciitis.

Baca Juga: 13 Penyebab Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan

6. Angkat kaki

Duduk dengan kaki di atas tumpuan atau kursi adalah cara sederhana untuk meredakan telapak kaki yang pegal, lelah, atau bengkak.

Selama kehamilan, kelebihan cairan dapat menumpuk di kaki sehingga menyebabkan kaki membengkak. Mengangkat kaki sebanyak mungkin akan sangat membantu.

7. Mengganti sepatu

Sepatu yang tidak pas atau tidak nyaman bisa menyebabkan berbagai jenis nyeri kaki. Untuk itu, beralihlah ke sepatu hak rendah yang nyaman untuk membantu mengatasi nyeri lengkung kaki dan kaki bengkak, terutama selama kehamilan.

Orang dengan plantar fasciitis harus memakai sepatu lebar dengan sol yang tebal dan empuk. Menggunakan sol dalam yang empuk bisa membantu meringankan.

8. Menggunakan belat di malam hari

Meskipun sedang tidur, Anda mungkin masih bisa membantu mengatasi pegal atau rasa sakit pada telapak kaki. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan belat di malam hari mungkin merupakan cara yang hemat dan berguna untuk mengobati plantar fasciitis

9. Oleskan obat pereda nyeri

Mengoleskan obat secara topikal ke telapak kaki yang terasa dapat membantu mengatasi pegal dan nyeri kaki. Ada beberapa produk yang tersedia tanpa resep dokter yang memberikan sensasi dingin dan penghilang rasa sakit.

Beberapa obat tersebut mengandung bahan-bahan seperti mentol, kayu putih, dan terpentin. Obat Oles lainnya yang mengandung salisilat juga dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit.

10. Minum obat pereda nyeri

Selain obat topikal, ada beberapa obat oral (obat minum) yang dapat membantu mengatasi telapak kaki terasa pegal, sakit, dan peradangan.

Beberapa obat bebas ini termasuk acetaminophen yang dapat menargetkan rasa sakit, sementara obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti ibuprofen dan naproxen sodium; dapat menargetkan rasa sakit dan juga peradangan.

Anda mungkin perlu meminum obat jenis ini selama beberapa minggu agar sepenuhnya meredakan peradangan kaki yang berlangsung lama. Sebelum mengonsumsi obat ini, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui berapa lama Anda mengonsumsinya dan menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 8 Obat Pegal Linu paling Ampuh (Medis dan Herbal)

Kapan waktu yang Tepat untuk ke Dokter?

Mengalami kaki pegal atau nyeri dari waktu ke waktu adalah kondisi yang dapat dirasakan oleh orang-orang dari segala usia. Jika pegal dan nyeri kaki semakin parah atau terjadi lebih sering, atau jika tidak membaik ketika  mencoba pengobatan sederhana di rumah, mungkin sudah waktunya untuk menemui dokter.

Dokter dapat membantu mengevaluasi dan mengobati kondisi berikut ini:

  • Penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis.
  • Diabetes atau kondisi lain yang mengakibatkan neuropati perifer, yaitu kerusakan saraf yang terjadi pada anggota badan.
  • Setiap kondisi yang menyebabkan pembengkakan ekstremitas (anggota gerak tubuh) bawah, seperti gagal jantung.

Itulah cara menghilangkan pegal di telapak kaki yang bisa Anda coba di rumah. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencobanya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Barrell, Amanda. 2020. Remedies for sore feet. https://www.medicalnewstoday.com/articles/sore-feet-remedies. (Diakses pada 22 Juni 2022)
  2. Moyer, Catherine. 2021. Self-Care Tips to Soothe Aching Feet at Home. https://www.verywellhealth.com/tips-to-fix-aching-feet-1337689. (Diakses pada 22 Juni 2022)
  3. Silver, Natalie. 2018. 10 Home Remedies to Relieve Sore Feet. https://www.healthline.com/health/sore-feet-remedies#apply-a-topical-pain-reliever. (Diakses pada 22 Juni 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi