Terbit: 2 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Moms, apakah Si Kecil mulai dikenalkan MPASI? Ya, menurut Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization), makanan pendamping ASI (MPASI) sebaiknya mulai diberikan ketika bayi berusia 6.

Hindari Memberi MPASI Terlalu Dini, Ini Masalah yang Bisa Dialami Bayi

Selama 6 bulan pertama kehidupannya, makanan terbaik bagi bayi adalah ASI. Namun pada beberapa kondisi, ada orangtua yang memberikan MPASI sebelum bayi berusia 6 bulan. Bagaimana dampaknya bagi bayi?

Sebenarnya MPASI bisa diberikan ketika bayi sudah menunjukkan tanda bahwa ia siap makan. Tanda tersebut antara lain bayi sudah bisa duduk dan menegakkan kepalanya, bayi mulai tertarik dengan makanan dan mulai membuka mulut lebar ketika didekatkan dengan sendok. Tanda-tanda ini umumnya sudah mulai tampak sejak anak berusia 4 bulan.

Meskipun secara fisik anak sudah siap menerima makanan, namun tidak demikian dengan pencernaan bayi. Jika pencernaan bayi belum siap, anak akan berisiko sembelit, diare, atau gangguan pencernaan lainnya.

Dalam tubuh bayi yang berusia 4 bulan umumnya belum memiliki protein pencernaan yang lengkap seperti enzim amilase, enzim maltase untuk mencerna karbohidrat, lipase dan bile salts untuk mencerna lemak.

Jika dipaksakan untuk memberi makan sebelum usia 6 bulan tanpa ada indikasi tertentu, dapat memicu kondisi gawat yaitu invaginasi atau intususepsi, yiatu kondisi di mana segmen usus masuk ke dalam bagian usus lainnya sehingga menyebabkan masalah kesehatan serius.

Namun pada beberapa kasus, MPASI boleh diberikan pada bayi sejak 4 bulan karena pertimbangan kesehatan bayi. Kondisi tersebut umumnya adalah ketika berat badan tidak memenuhi syarat dan bayi sudah berusia di atas 4 bulan. Selain itu toleransi pencernaan bayi pada makanan yang diberikan juga baik.

Pada anak usia 0-3 bulan, kenaikan berat badannya sekitar 600-1 kg. Pada anak usia 4-6 bulan, minimal kenaikannya sekitar 450 gram. Jika kenaikan berat badan bayi di bawah angka tersebut, ibu boleh memberikan MPASI pada bayi sejak 4 bulan.

Untuk memastikan apakah bayi perlu diberi MPASI sejak dini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak. Jangan terburu-buru memberikan bayi MPASI hanya karena si kecil sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa ia siap makan karena hal ini dapat menimbulkan gangguan bagi pencernaannya.

Nah, pastikan bayi Anda mendapat MPASI sesuai waktu dan usia yang tepat ya!

 


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi