Terbit: 1 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahan telur memang tidak ada habisnya. Telur dapat kita olah menjadi berbagai olahan dalam berbagai bentuk. Kini telur asin menjadi cukup digemari karena mulai banyak bermunculan berbagai jenis olahan bumbu yang menggunakan bahan dasar telur asin. Telur asin memiliki rasa yang khas sehingga banyak orang yang semakin menggemarinya.

Apakah Rasa Asin Pada Telur Asin Dapat Memengaruhi Kandungan Gizinya?

Namun, telur asin biasanya tampil dalam beberapa rasa. Meskipun sama-sama asin, telur asin memiliki tingkat keasinan yang berbeda-beda. Hal ini tentu bergantung pada lamanya proses pembuatan telur asin, jenis garam yang digunakan, tingkat konsentrasi garam dan metode pembuatannya. Kira-kira apakah tingkat keasinan pada garam yang berbeda-beda tersebut berpengaruh pada kandungan zat gizi telur asin?

Beberapa studi menunjukkan bahwa penambahan garam pada proses pengawaten makanan dapat memengaruhi kandungan zat gizi pada makanan tersebut. Pada telur, penambahan garam dapat memengaruhi protein telur. Penambahan garam yang berlebihan pada telur disebut dapat mengakibatkan protein mengalami denaturasi.

Denaturasi pada bahan makanan akan menurunkan kualitas protein pada telur. Hal ini disebabkan adanya perubahan struktur yang disebabkan adanya interaksi dengan garam. Maka dari itu konsentrasi garam dianjurkan untuk diperhatikan agar kualitas protein telur asin dapat tetap terjaga.

Namun hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Syiah Kuala menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi garam tidak memengaruhi kualitas protein telur asin. Hal ini dibuktikan dengan memeberikan garam pada telur bebek dengan tingkat konsentrasi garam yang berbeda-beda.

Hasil yang ditunjukkan adalah perubahan yang terjadi adalah pada kualitas yang nampak (organoleptik) pada telur yaitu perubahan pada tekstur, rasa, warma dan aroma, tetapi bukan kandungan proteinnya.

Rasa pada telur yang terlalu asin dapat menyebabkan perubahan pada kualitas penampakan telur dan disebut dapat menurunkan kualitas protein telur.

Sehingga sebaiknya kita tidak mengonsumsi telur yang terlalu asin, selain berpengaruh pada kualitas telur, asupan garam yang berlebihan juga dapat menyebabkan tekanan darah tubuh jadi naik.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi