Terbit: 1 Februari 2018 | Diperbarui: 31 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada beberapa masalah kulit yang kerap dikeluhkan, antara lain jerawat, minyak berlebih, bopeng bekas jerawat, dan salah satu yang paling membandel adalah komedo. Meskipun tidak terlalu menonjol, namun komedo bisa membuat orang kehilangan kepercayaan diri.

6 Bahan Alami Untuk Mengusir Komedo

Beberapa penyebab komedo antara lain menumpuknya minyak dan sel mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Perubahan hormon tubuh yang menyebabkan produksi minyak bertambah juga dapat meingkatkan komedo, alergi atau tidak cocok penggunaan produk kecantikan, dan yang paling sering terjadi adalah kebersihan wajah yang kurang terjaga.

Komedo terbagi menjadi dua macam, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam biasanya tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo jenis ini tampak berwarna hitam karena terkena paparan udara. Sedangkan dibandingkan dengan komedo hitam, komedo putih relatif tidak nampak, namun bisa muncul jika pori-pori wajah ditekan.

Ada banyak cara untuk menghilangkan komedo, mulai dari menggunakan komedo ekstraktor, plester khusus komedo, dan mengeluarkannya sendiri dengan tangan. Anda pun bisa mencoba menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah seperti berikut ini:

1. Garam
Selain berfungsi sebagai penambah rasa masakan, garam ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan wajah dari komedo. Caranya pun cukup mudah, yaitu siapkan air panas dalam wadah, lalu larutkan garam pada air panas. Uapkan wajah pada wadah tersebut selama beberapa menit, lalu bersihkan.

Cara lain, adalah dengan mencampurkan jus lemon, satu sendok teh yoghurt, madu, dan satu sendok teh garam, lalu aduk menjadi scrub. Usapkan pada daerah yang berkomedo, lalu bilas dengan air hangat.

2. Putih telur
Putih telur berkhasiat mengeluarkan komedo dari pori-pori dan membuat kulit menjadi kenyal. Caranya, pisahkan putih telur dari kuning telur, lalu oleskan pada area yang berkomedo, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk menghindari bau amis menempel pada wajah, Anda bisa menambahkan 1 sdm perasan air jeruk nipis atau lemon.

3. Madu
Madu selain dapat membuat kulit kenyal dan bersih juga dapat mencerahkan kulit karena kaya akan antioksidan dan mampu mengangkat kulit mati. Sebagai masker untuk mengangkat komedo, siapkan 1 sendok makan madu, lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

4. Teh hijau
Untuk menggunakan teh hijau sebagai masker komedo, gunakan teh hijau jenis bubuk. Campurkan bubuk teh hijau dengan air secukupnya, lalu gosok ke daerah yang berkomedo dan biarkan hingga 2-3 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Soda kue
Soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan wajah dari komedo. Caranya, campurkan soda kue dengan air, lalu diamkan 5-10 menit sebelum dibilas air hangat. Selain membersihkan wajah, masker soda kue ini juga dapat membantu menjaga kadar pH di kulit.

6. Lemon
Selain kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Untuk menggunakan lemon sebagai masker, peras buah lemon dan oleskan perasan air lemon pada wajah yang berkomedo, diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Jika dengan bahan-bahan alami ini komedo Anda masih tetap membandel, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Untuk membantu mencegah komedo pada wajah, hindari menyentuh wajah saat tangan sedang kotor atau rajin membersihkan wajah sebelum tidur.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi