Terbit: 7 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jerawat memang bisa jadi sangat mengesalkan, apalagi jika sudah lama dan masih belum hilang juga. Tapi Anda harus berhati-hati, karena selain memencet jerawat, ada beberapa hal lain yang juga bisa memperparah jerawat, lho!

5 Hal yang Akan Membuat Jerawat Makin Parah

Photo Credit: Instagram/ Rachel Crawley

Nah, berikut ini beberapa kebiasaan yang harus mulai Anda hindari seperti yang dilansir dari Glamour.com

1. Coba-coba dengan DIY (Do It Yourself) 
Di internet, ada banyak DIY cara menghilangkan jerawat yang bertebaran. Tapi Anda perlu hati-hati, jangan langsung mencobanya begitu saja. Bisa jadi bahan yang digunakan malah akan membuat kulit Anda mengalami iritasi, mengingat kulit memiliki reaksi yang berbeda terhadap bahan tertentu.

2. Makan Sembarangan
Anda juga perlu mengingat makanan seperti apa yang dapat memicu jerawat atau kondisi kulit Anda. Bagi beberapa orang makanan seperti cokelat, junk food, makanan berminyak, langsung menimbulkan reaksi pada kulit. Bahkan, yodium yang banyak terkandung pada kerang dan udang dapat membuat jerawat semakin memburuk dan menyakitkan.

3. Banyak Memakai Toner
Toner dapat mengganggu pelindung kulit sehingga menimbulkan peradangan dan iritasi pada kulit. Ada baiknya Anda menghentikan dulu pemakaian toner. Atau jika wajah Anda cenderung berminyak, gunakan toner namun hindari daerah yang berjerawat.

4. Memilih Sabun Pembersih yang Keras
Terkadang beberapa orang berpikir sabun muka yang lebih kuat akan membantu segera menghilangkan jerawat. Padahal, justru kulit memerlukan sabun yang lebih lembut agar obat jerawat bisa meresap dengan baik ke dalam kulit.

5. Membuat Daerah yang Berjerawat Terlalu Kering
Asam salisilat atau asam glikolat sebenarnya dapat membantu jerawat. Namun, terkadang beberapa orang menggunakannya banyak-banyak agar jerawat segera menghilang. Sayangnya, cara ini justru membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan memerah. Ingatlah untuk selalu baca peraturan pemakaian dan jangan berlebihan dalan memakainya.

Nah, mulai sekarang perhatikan lagi beberapa kebiasaan di atas agar jerawat Anda tidak semakin parah!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi