Terbit: 2 Juni 2018 | Diperbarui: 6 Januari 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Mom, kelahiran si kecil tentu membawa kebahagiaan dalam keluarga. Bagi ibu, kebahagiaan tersebut kadang harus diiringi dengan risiko berupa kondisi tubuh yang tidak fit dan kelelahan. Kondisi ini sering dikenal dengan postpartum fatigue, terutama saat menyusui. Bagaimana mengatasinya?

Penyebab Kelelahan saat Menyusui dan Cara Mengatasinya

Penyebab kelelahan saat menyusui

Kehadiran si kecil membuat orang tua harus beradaptasi dengan jadwal tidur bayi yang umumnya berkebalikan dengan jadwal tidur orang dewasa. Seringkali ibu harus terbangun di tengah malam untuk menyusui dan mengganti popok si kecil sehingga menyebabkan ibu kurang tidur.

Selain perubahan jadwal tidur bayi, kelelahan pada ibu menyusui juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan ibu. Salah Beberapa penyebab ibu tidak fit saat menyusui antara lain karena adanya peradangan atau infeksi saat menyusui seperti mastitis, anemia, dan pola makan ibu yang tidak sehat atau tidak teratur.

Mengatasi kelelahan saat menyusui

Bayi baru lahir sangat bergantung pada ibu. Karena itu ibu sebaiknya menjaga kesehatan agar dapat merawat bayinya dengan baik. Untuk menjaga kondisi ibu tetap prima saat menyusui, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Memperbaiki pola makan

Ibu menyusui perlu memperhatikan pola makan sehari-hari. Beberapa makanan yang disarankan untuk ibu menyusui adalah makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, keju, dan ikan. Selain itu ibu menyusui juga disarankan makan makanan kaya serat untuk membantu masalah konstipasi.

2. Perbanyak minum air

Air merupakan komponen penting dalam tubuh. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi dan menghilangkan dahaga. Pastikan ibu menyusui minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menjaga metabolisme tubuh.

3. Berolahraga

Olahraga dapat membantu tubuh ibu menyusui menjadi lebih bugar dan prima sepanjang hari. Jika memungkinkan, ibu menyusui bisa melakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu.

Umumnya ibu menyusui bisa mulai berolahraga setelah masa pemulihan atau sekitar 6 minggu setelah persalinan normal. Bagi ibu yang menjalani persalinan caesar tentu membutuhkan pemulihan lebih lama. Untuk itu, sesuaikan mengenai jenis dan intenstitas olahraga yang akan dipilih.

4. Beristirahat yang cukup

Istirahat adalah waktu terbaik untuk pemulihan tenaga. Jika si kecil sedang tertidur, Anda bisa mencuri waktu untuk tidur siang sehingga Anda bisa memiliki tenaga yang cukup untuk merawat bayi.

Minta bantuan orang lain untuk merawat dan menjaga si kecil jika Anda sedang kelelahan dan butuh istirahat. Hindari menyusui hingga tertidur karena dapat berisiko bagi si kecil.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi