Terbit: 12 Januari 2021 | Diperbarui: 18 November 2021
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Bayi yang baru lahir membutuhkan sejumlah produk perawatan. Nah, khususnya untuk Anda yang baru pertama kali memiliki bayi, ketahui apa saja produk-produk yang sebaiknya tersedia di rumah untuk menunjang perawatan buah hati tercinta berikut ini.

10 Produk Perawatan untuk Bayi Baru Lahir

Produk Perawatan untuk Bayi Baru Lahir

Setelah menunggu selama kurang lebuh 9 bulan 10 hari, akhirnya buah cinta Anda dan pasangan hadir ke dunia. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan, bukan? Si kecil yang baru lahir ini tentunya memerlukan berbagai macam perlengkapan, salah satunya produk perawatan kulit dan rambut. Apa saja macam-macam produk perawatan untuk kulit dan rambut bayi yang baru lahir?

1. Sabun dan Shampoo

Produk perawatan yang pertama adalah sabun dan shampoo. Keduanya sangat penting untuk menjaga agar kulit bayi tetap bersih, sehat, dan harum tentunya. Sehingga, Anda para orang tua wajib untuk mempersiapkannya.

Produk sabun dan shampoo untuk bayi yang baru lahir tentu berbeda dengan produk serupa yang ditujukan bagi anak-anak, apalagi orang dewasa. Kulit bayi yang masih sangat sensitif membutuhkan sabun dan shampoo dengan kandungan bahan yang telah diformulasikan khusus untuk kulit bayi baru lahir.

Untung saja, dewasa ini sudah banyak produk sabun dan shampoo khusus bayi baru lahir yang beredar di pasaran sehingga mudah bagi Anda untuk mendapatkannya. Akan tetapi, Anda juga perlu berhati-hati karena kemungkinan sabun dan shampoo tidak cocok dengan kulit bayi tetap ada. Hentikan penggunaan kedua produk tersebut apabila menimbulkan masalah pada kulit bayi seperti iritasi, ruam, dan sebagainya.

2. Pelembap

Produk perawatan bayi baru lahir yang juga sebaiknya Anda sediakan adalah krim pelembap. Sesuai dengan namanya, fungsi dari krim pelembap ini adalah untuk menjaga agar kulit si kecil senantiasa lembap dan bebas dari kekeringan.

Ya, kulit bayi yang baru lahir memang lebih rentan untuk mengalami kekeringan ketimbang kulit orang dewasa. Kulit bayi yang kering tentu tidak bisa Anda biarkan karena dampaknya bisa menimbulkan iritasi yang akan membuat si kecil merasa tidak nyaman dan jadi lebih rewel.

Perlu Anda perhatikan, penggunaan krim pelembap juga sebaiknya tidak berlebihan. Mengapa demikian? Jawabannya tidak lain karena paparan krim pelembap yang berlebihan justru akan membuat kulit bayi mengalami biang keringat. Selain itu, pemberian krim disarankan setiap bayi habis mandi.

3. Baby Oil

Ini juga menjadi barang wajib yang harus Anda miliki untuk menjaga agar kulit si kecil senantiasa sehat terawat. Pada dasarnya, fungsi dari baby oil juga untuk melembapkan kulit bayi. Bayi Anda mungkin memerlukan baby oil apabila kulitnya tidak cocok dengan krim pelembap biasa.

Selain itu, baby oil juga memiliki fungsi lainnya seperti:

  • Melindungi kulit bayi dari ruam
  • Mencegah iritasi

4. Krim Antiruam

Kulit bayi baru lahir yang masih sensitif membuatnya rentan untuk mengalami sejumlah masalah, salah satunya adalah ruam. Ruam yang ditandai dengan bintik berwarna kemerahan ini biasanya muncul pada sejumlah area kulit seperti:

  • Bokong
  • Selangkangan
  • Leher

Guna mencegah maupun mengatasi ruam pada kulit bayi—terutama pada bokong yang tertutup popok—Anda bisa menggunakan produk krim antiruam. Oleskan krim pada kulit bayi sesaat sebelum memakaikannya popok. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai produk krim antiruam untuk bayi yang paling baik dan aman.

5. Krim Wajah

Krim wajah menjadi produk perawatan kulit bayi lainnya yang ada baiknya Anda persiapkan. Kulit wajah bayi memiliki karakteristik yang agak berbeda dibandingkan kulit pada anggota tubuh lainnya sehingga memerlukan krim khusus.

Namun, inti dari penggunaan krim wajah ini masih sama yaitu untuk melembapkan kulit wajah bayi sehingga tidak kering. Beberapa produsen krim wajah bayi bahkan memasukkan zat antiseptik pada produknya sehingga menjadikan krim juga berfungsi untuk melindungi kulit dari kuman maupun bakteri.

6.Krim Antiiritasi

Kulit bayi rentan untuk mengalami iritasi. Oleh karena itu, Anda para orang tua juga sebaiknya mempersiapkan produk krim antiiritasi sebagai antisipasi apabila si kecil mengalai gejala iritasi pada kulitnya.

7. Krim Tabir Surya

Ingin membawa si kecil jalan-jalan ke luar rumah? Maka Anda juga harus menyediakan produk perawatan kulit yang satu ini.

Ya, krim tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit buah hati Anda dari paparan sinar UV yang berasal dari matahari. Pastikan untuk memilih produk tabir surya yang memang sudah diformulasikan khusus untuk bayi baru lahir. Anda bisa mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter.

8. Minyak Telon

Satu lagi produk perawatan bayi baru lahir yang harus ada di kamar atau kotak perlengkapan si kecil. Ya, minyak telon menjadi produk ‘wajib’ bagi bayi karena fungsinya yang sangat penting, yakni untuk menghangatkan tubuh si kecil, pun mencegah ia mengalami perut kembung dan sebagainya.

Oleskan minyak telon secukupnya pada tubuh bayi, terutama pada area dada dan perut setiap habis mandi dan sebelum tidur.

9. Bedak

Bedak juga menjadi produk perawatan kulit bayi yang tidak boleh Anda lewatkan. Fungsi bedak bagi bayi untuk:

  • Membuat aroma kulit bayi menjadi harum
  • Mencegah biang keringat
  • Mencegah iritasi kulit

Usapkan bedak pada tubuh bayi secara merata. Namun, Anda perlu berhati-hati dan jangan sampai berlebihan karena dikhawatirkan bubuk bedak cukup banyak terhirup oleh bayi. Jika sampai terhirup dalam jumlah banyak, hal ini dapat menyebabkan masalah pada pernapasan si kecil.

10. Baby Cologne

Sama seperti bedak, baby cologne memiliki fungsi untuk memberikan aroma harum pada kulit bayi. Oleskan cairan cologne secukupnya pada beberapa area kulit bayi seperti tangan dan leher.

Selain di kulit, oleskan juga cologne pada baju si kecil agar membuatnya tetap harum sepanjang hari. Pilihlah produk cologne yang tidak mengandung alkohol (kebanyakan produk baby cologne memang tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk digunakan).

Cussons Banner Farmaku DokterSehat

Tips Memilih Produk Perawatan Bayi Baru Lahir

Setelah mengetahui apa saja produk perawatan bayi baru lahir yang harus Anda beli, berikutnya Anda harus tahu bagaimana tips memilih produk-produk tersebut. Tipsnya adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan informasi yang tertera pada label kemasan produk, mulai dari kandungan bahan hingga tanggal kedaluwarsa.
  • Pastikan produk yang hendak Anda beli dalam keaadaan baik.
  • Usahakan memilih produk yang mengandung bahan-bahan herbal (kecuali jika bayi berpotensi mengalami reaksi alergi terhadap bahan herbal tertentu).
  • Pilih produk yang memiliki label ‘paraben free’ atau ‘phthlate’ karena itu artinya produk tidak mengandung bahan kimia sehingga aman untuk bayi.
  • Apabila pada produk terdapat tulisan ‘hypoallergenic’, itu artinya produk hampir tidak memicu reaksi alergi. Kendati demikian, Anda perlu berhati-hati karena bukan tidak mungkin si kecil mengalami reaksi alergi setelah menggunakannya.

Pastikan untuk memilih produk perawatan terbaik untuk si kecil. Anda bisa pilih beragam produk Cussons yang terbukti aman bagi kulit bayi. Dapatkan diskon hingga 50% setiap pembelian produk Cussons di Farmaku!

 

  1. Anonim. Choosing baby skincare products. https://www.babycentre.co.uk/a25011409/choosing-baby-skincare-products (accessed on 7 January 2021)
  2. Anonim. Oils for Baby Massage. https://www.babycentre.co.uk/a1044406/oils-for-baby-massage (accessed on 7 January 2021)
  3. Kashtan, P. 2019. Your Ultimate Checklist of Baby Essentials. https://www.thebump.com/a/checklist-baby-essentials (accessed on 7 January 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi