Terbit: 19 Mei 2018 | Diperbarui: 21 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Warna lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda. Perubahan warna lidah pada anak bisa jadi tanda gangguan kesehatan yang perlu Anda waspadai.

Mom, Ini Arti Perubahan Warna Lidah pada Anak

Perubahan warna lidah anak

Perubahan warna lidah tidak selalu menjadi pertanda adanya penyakit serius. Untuk memastikan kondisi yang dialami oleh si kecil, sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter. Beberapa perubahan warna lidah anak yang bisa terjadi di antaranya:

1. Lidah putih

Warna lidah putih merupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh anak-anak. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal seperti dehidrasi, munculnya jamur (kandidiasis) atau infeksi. Jika kondisi lidah putih disertai dengan demam kemungkinan anak mengalami infeksi.

2. Lidah merah

Kondisi lidah merah biasanya disebabkan oleh kondisi kurangnya vitamin B, adanya sariawan di lidah atau terinfeksi virus. Umumnya kondisi lidah merah merupakan kondisi yang jarang diperhatikan oleh anak dan orang tua karena dianggap infeksi ringan. Meskipun demikian, jika lidah merah disertai dengan demam selama beberapa hari, segera konsultasikan ke dokter.

3. Lidah hitam

Lidah hitam dikenal dengan kondisi black hairy tongue yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini disertai dengan munculnya tonjolan kecil pada lidah akibat papilla yang memanjang. Perubahan warna mukosa menjadi bercak hitam bisa disebabkan oleh infeksi jamur, trauma lidah karena tergigit, alergi, reaksi terhadap obat-obatan tertentu atau penyebab lainnya.

4. Lidah pucat

Kadang orang tua sulit membedakan apakah lidak anak berwarna merah muda normal atau sedikit pucat. Gejala lidah pucat bisa jadi pertanda kurang darah atau anemia. Umumnya lidah pucat disertai dengan bibir kering, badan lemas dan cepat lelah.

Meskipun umumnya perubahan warna lidah anak bukan sesuatu yang serius, namun sebaiknya orang tua segera membawa anak ke dokter jika perubahan warna lidah berlangsung selama beberapa hari dan disertai oleh gejala lainnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi