Terbit: 23 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Perut kembung merupakan salah satu jenis keluhan yang paling sering dialami bayi. Perut kembung umumnya disebabkan menumpuknya gas di dalam lambung dan usus sehingga perut terasa penuh. Kondisi ini terkadang membuat bayi rewel selama beberapa lama.

Penyebab Perut Bayi Kembung dan Cara Mengatasinya

Penyebab perut kembung pada bayi

Penyebab paling sering perut kembung pada bayi adalah banyaknya udara yang tertelan saat bayi menyusui. Hal ini biasanya disebabkan oleh posisi menyusu bayi yang belum tepat sehingga banyak udara yang ikut masuk ke pencernaan bayi.

Selain posisi menyusui, beberapa penyebab perut kembung pada bayi antara lain:

1. Makanan yang dikonsumsi ibu.

Jika bayi mengalami kembung, ibu juga perlu memeriksa makanan apa saja yang baru saja dikonsumsi. Beberapa makanan pemicu kembung pada bayi di antaranya brokoli, kol, bawang bombay, kacang-kacangan dan kembang kol.

2. Sistem pencernaan bayi yang belum matang.

Sistem pencernaan bayi yang belum matang membuat bayi kesulitan mengolah gas dan makanan dengan baik. Umumnya ususnya juga belum bisa menghasilkan mikroflora yang normal. Padahal kondisi ini diperlukan untuk sisetm pencernaan dan kekebalan tubuh.

3. Bayi menangis berlebihan.

Bayi yang menangus juga dapat menyebabkan perut kembung pada bayi. Menangis menyebabkan banyak udara tertelan sehingga menghasilkan gas yang berlebihan.

Mengatasi perut bayi kembung

Perut kembung pada bayi kadang membuat bayi rewel. Berikut ini beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa Anda coba:

1. Perbaiki posisi menyusui

Jika bayi kembung karena posisi menyusui yang tidak tepat, maka sebaiknya Anda memperbaiki posisi menyusui bayi. Pastikan perlekatan sudah tepat agar membantu susu masuk ke dasar perut dan udra naik ke atas dengan baik.

2. Sendawakan bayi

Setelah menyusu, biasakan sendawakan bayi untuk mendorong udara yang keluar dari tubuhnya. Anda bisa menyendawakan bayi dalam posisi duduk dan menggoyangkan tubuhnya dengan lembut, atau dengan membaringkan bayi, lalu mengangkatnya kembali.

3. Tummy time

Tummy time adalah segala kegiatan atau aktivitas yang dilakukan si kecil dengan tengkurap. Selain membantu kemempuan motorik bayi, sering tengkurap juga membantu mengatasi perut kembung pada bayi.

4. Berikan pijatan lembut

Salah satu cara mudah mengatasi perut kembung apda bayi adalah dengan memijat perlahan perut bayi dengan gerakan searah jarum jam. Anda juga bisa mengusap punggungnya sambil meletakkan bayi di pangkuan Anda dalam posisi tengkurap.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi