Terbit: 8 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bunda, sudahkah Anda memiliki quality time dengan anak Anda? Jika Anda memiliki anak lebih dari satu, maka penting untuk memiliki quality time dengan masing-masing anak. Tentu saja menghabiskan waktu bersama semua anggota keluarga juga penting, namun anak akan merasa lebih bahagia jika ibu memiliki momen bersama berdua saja dengan mereka.

Pentingnya Quality Time dengan Masing-Masing Anak

Photo Credit: Flickr.com/leonid mamchenkov

Untuk memiliki quality time one-on-one bersama anak, Anda perlu membagi tugas dengan pasangan Anda. Misalnya, jika Anda hari ini berencana mengajak si bungsu pergi, maka suami Anda bertugas menemani si kakak, atau sebaliknya. Anda juga perlu membagi waktu dan perhatian yang sama untuk setiap anak Anda. Dilansir dari laman modern parents messy kids, berikut ini tips yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu bersama anak Anda:

1. Ajak anak dalam kegiatan sehari-hari
Memiliki quality time dengan anak tidak harus dengan kegiatan yang mewah atau terencana. Anda bisa melakukannya lewat kegiatan sehari-hari seperti mengajak anak belanja di pasar, pergi ke tempat cuci mobil, dan sebagainya. Sepanjang perjalanan, ajak anak untuk bicara mengenai hal-hal yang Anda temui di sekitar, kegiatannya di sekolah, bermain tebak-tebakan, atau bernyanyi bersama.

2. Obrolan sebelum tidur
Ngobrol dengan anak sebelum tidur baik untuk perkembangan emosinya. Jika setiap anak punya kamar yang berbeda, maka datangi kamar mereka satu per satu, lalu ajak mereka ngobrol sebentar tentang hari ini dan kegiatan mereka esok hari agar mereka makin semangat. Jangan lupa ajak mereka untuk berdoa sebelum tidur.

3. Jalan pagi bersama
Saat akhir pekan tiba, Anda bisa mengajak anak Anda jalan pagi keliling kompleks. Selain berolahraga, kegiatan ini juga membuat anak lebih mengenali tetangga dan lingkungan di sekitarnya.

4. Menemani kegiatan anak
Membangun kedekatan antara orang tua dan anak juga bisa dilakukan dengan mendampingi kegiatan mereka. Misalnya Anda menemani anak pertama Anda untuk latihan sepak bola, les menggambar, atau pergi ke salon bersama-sama. Saat di perjalanan, Anda bisa membahas kegiatan yang baru saja ia lakukan sehingga anak merasa diperhatikan.

Ingatlah bahwa waktu akan terasa cepat berlalu ketika Anda menjadi orang tua. Manfaatkan waktu sebaik mungkin bersama anak dengan memberinya kasih sayang dan perhatian. Bagaimana dengan Bunda, apa kegiatan favorit Anda untuk membangun quality time bersama anak?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi