Terbit: 24 Mei 2018 | Diperbarui: 25 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Asma adalah gangguan pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang dapat menyebabkan sesak napas atau sulit bernapas. Penyebab asma belum dapat diketahui secara pasti, namun sejumlah penelitian menyebutkan ada hubungan antara asupan nutrisi yang baik pada anak dengan berkurangnya gejala asma.

Apa Saja Makanan yang Baik dan Perlu Dihindari bagi Anak Asma?

Nutrisi yang tepat untuk anak asma

1. Sayur dan buah-buahan

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa anak-anak yang banyak mengonsumsi buah dan sayur memiliki pernapasan yang lebih baik dan dapat membantu menurunkan gejala asma pada anak-anak. Kacang-kacangan dan biji juga mengandung flavonoid yang memiliki efek antioksidan membantu meningkatkan kesehatan pernapasan.

Beberapa jenis buah-buahan seperti apel dan pir juga disebut dapat menurunkan risiko asma dan mengurangi penyempitan bronkus. Sedangkan pisang yang mengandung antioksidan dan kalium juga dapat mengurangi mengi atau napas bunyi karena asma pada anak-anak.

2. Ikan

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology, konsumsi ikan salmon pada anak dapat meningkatkan kadar magnesium yang baik bagi kesehatan paru-paru. Secara umum, ikan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak dan dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

3. Serat

Serat memiliki sifat antiradang yang dapat membantu meredakan peradangan saat gejala asma kambuh. Selain itu makanan berserat juga mengandung prebiotik, nutrisi yang membantu mengingkatkan perumbuhan bakteri baik di alam usus. Beberapa makanan kaya serat yang direkomendasikan untuk anak dengan asma antara lain beras merah dan kacang-kacangan.

Makanan yang perlu dihindari bagi anak dengan asma

Selain perlu mengetahui makanan yang baik untuk anak dengan asma, anak juga perlu mengetahui makanan yang sebaiknya dihindari. Beberapa makanan tersebut antara lain makanan yang mengandung gas karena dapat memberi tekanan pada diafragma, memicu sesak dada dan asma. Makanan yang termasuk dalam jenis ini antara lain kubis, kacang, dan gorengan.

Beberapa makanan yang mengandung zat aditif seperti pengawet, perasa, dan pewarna kimia juga sebaiknya dihindari pada anak dengan asma. Selain itu makanan yang menyebabkan alergi seperti produk susu, kerang, gandum dan kacang juga perlu diwaspadai.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi