Terbit: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Setiap anak perlu diberi kebebasan bermain, termasuk bermain hujan-hujanan. Anda mungkin melarang anak Anda bermain hujan-hujanan karena pertimbangan kesehatan. Namun sebenarnya bermain di luar rumah saat hujan memiliki banyak manfaat untuk anak-anak.

Manfaat Membiarkan Anak Bermain Hujan-Hujanan

Dilansir dari laman the guardian, beberapa manfaat hujan-hujanan untuk anak antara lain:
1. Belajar mengenal alam
Ketika anak bermain hujan-hujanan, anak akan mengenal alam lebih dekat. Saat hujan anak dapat belajar mengenal beda intensitas hujan, perubahan warna langit, aliran air, mengenal berbagai hewan yang sering muncul saat hujan seperti katak dan cacing.

2. Merangsang kemampuan fiisk dan motorik
Saat hujan-hujanan anak akan berlari, memercikkan air atau bahkan menari. Gerakan ini dapat merangsang kemampuan motorik dan melatih keseimbangan dan koordinasi.

3. Melatih kekebalan tubuh
Bermain hujan-hujanan dapat melatih kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan suhu saat dingin. Hal ini juga dapat melatih sistem kekebalan tubuh untuk mampu meneysuaikan diri dengan perubahan suhu lingkungan.

4. Melatih kreativitas anak
Bermain di luar rumah memungkinkan anak untuk memanfaatkan berbagai benda yang ada di alam seperti berseluncur dengan pelepah pisang, bermain lumpur, bermain kapal-kapalan, bermain bola di lapangan rumput yang basah, dan sebagainya.

5. Melatih kerja sama
Biasanya anak tidak sendiri saat bermain hujan-hujanan. Bermain bersama teman-teman meskipun sesederhana bermain lompat tali atau lari-larian dapat melatih anak untuk bekerja sama dan memecahkan masalah sejak kecil. Permainan ini juga membantu perkembangan kemampuan anak untuk bersosialisasi.

Meskipun banyak manfaat dari bermain hujan-hujanan, namun orang tua perlu memerhatikan kesehatan anak setelah bermain hujan-hujanan. Biasakan untuk mencuci tangan dan kaki setelah bermain hujan-hujanan lalu mandi dengan air hangat untuk menstabilkan suhu tubuh. Jika anak masih kedinginan, berikan makanan hangat seperti sup, susu atau teh hangat untuk menghangatkan tubuhnya.

Bermain hujan-hujanan memang berisiko membuat anak terkena flu, namun juga dapat memberi manfaat bagi perkembangan anak. So, jangan terlalu khawatir jika anak bermain hujan-hujanan ya Bunda!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi