Terbit: 19 Desember 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Anak-anak suka sekali dengan minuman yang beraneka rasa, namun orang tua harus tetap memilihkan minuman kemasan sehat untuk anak. Jangan khawatir, ada banyak jenis dan resep minuman sehat untuk anak berikut ini!

Jenis Minuman Sehat dan Enak untuk Anak

Jenis Minuman Sehat untuk Anak Selain Susu

Selain makanan, asupan minuman juga tak kalah penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang untuk anak-anak. Cairan yang cukup juga dibutuhkan anak agar tidak dehidrasi.

Mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh berarti memperlancar aliran darah dan mengeluarkan zat racun di dalam tubuh.

Minuman yang baik dikonsumsi untuk anak banyak jenis dan macamnya. Jangan khawatir, walau tanpa tambahan pemanis atau pewarna pun rasanya sudah enak dan penampilannya tidak kalah mengunggah dari minuman kemasan.

Berikut ini jenis minuman sehat untuk anak:

1. Air Putih

Air putih walaupun tanpa rasa merupakan asupan cairan yang sangat penting bagi tubuh. Anak-anak yang aktif membutuhkan paling tidak 5-7  gelas air putih sehari (sesuai usia) agar tidak dehidrasi. Air putih yang sehat terlihat bening, tidak berbau, dan tidak berasa.

Konsumsi air putih yang cukup sangat berpengaruh pada kesehatan anak, yaitu untuk mencegah kekentalan darah, memperlancar metabolisme dan pencernaan, serta memenuhi kebutuhan mineral tubuh anak.

Bujuk anak untuk minum air putih yang cukup setiap hari. Misalnya, berikan botol minum yang lucu agar anak semangat minum air putih atau diisi air dingin.

2. Air Kelapa

Air kelapa adalah cairan elektrolit alami bagi tubuh. Kandungan vitamin dan ion di dalam air kelapa akan menjaga keseimbangan mineral dan ion tubuh.

Air kelapa juga kerap digunakan sebagai antiinflamasi dan antiracun. Campurkan air kelapa dengan madu agar rasanya lebih enak. Resep ini secara turun temurun digunakan sebagai obat demam.

3. Smoothie Tanpa Gula

Smoothie dapat dibuat dengan mencampurkan buah, sayur, susu, dan yoghurt. Selain enak, smoothie juga memenuhi kebutuhan vitamin dan probiotik anak.

Smoothie adalah ide cemerlang untuk anak yang tidak suka makan sayur dan buah. Selain diminum langsung, smoothie juga dapat dijadikan es loli.

Masukkan smoothie ke dalam cetakan es loli dan dinginkan di freezer selama beberapa jam. Es loli sehat siap disantap. Enak dan sehat, pasti anak suka.

4. Infused Water

Anak tidak suka minum air putih? Cobalah membuat infused water dengan buah-buahan kesukaan anak.

Jeruk, apel, pir, kiwi adalah beberapa di antara buah-buahan yang dapat dijadikan infused water yang enak. Tidak hanya dari satu buah, perpaduan dua atau tiga jenis buah dalam infused water akan menghasilkan rasa yang unik.

5. Teh

Terlalu banyak teh sebenarnya tidak baik untuk anak, namun  satu cangkir teh sehari akan membuat anak mendapat asupan antioksidan bagi tubuhnya.

Teh juga dapat memberi efek menenangkan. Pilih teh chamomile atau melati dan tambahkan madu sebagai pengganti gula.

6. Susu dari Kacang-kacangan

Susu kedelai, kacang hijau, dan almond mengandung protein, isoflavon, serta aneka vitamin dan mineral. Susu nabati sebaiknya dibuat sendiri di rumah.

Jika ingin membeli susu nabati kemasan, pilih produk organik dan tanpa pengawet. Susu ini juga dapat menjadi alternatif bagi anak yang alergi susu sapi.

7. Susu Tanpa Pemanis Tambahan

Bukan rahasia lagi bahwa susu sapi, susu kambing, atau susu unta mengandung zat gizi yang tinggi. Jika ingin rasa lebih manis, tambahkan madu ya bukan gula pasir.

Baik susu nabati maupun hewani memiliki batas jumlah tertentu yang boleh dikonsumsi anak. Berikut adalah panduannya:

  • Usia 2-3 Tahun: Maksimal 480 ml per hari.
  • Usia 4-8 Tahun: Maksimal 600 ml per hari.
  • Usia 9 Tahun ke Atas: Maksimal 720 ml per hari.

8. Minuman Elektrolit Buatan Sendiri

Minuman elektrolit dapat menyegarkan anak setelah bermain seharian. Minuman ini juga mengandung mineral yang diperlukan tubuh.

Tidak perlu membelinya, karena minuman ini dapat dibuat sendiri di rumah. Contohnya air jahe, jus semangka, atau air dicampur buah sitrus.

Baca Juga: 12 Camilan Sehat untuk Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

Resep Minuman Sehat untuk Anak

Di bawah ini adalah dua resep minuman elektrolit untuk anak. Sangat enak disajikan dingin apalagi setelah berolahraga atau bermain seharian.

1. Resep pertama

Bahan:

  • ½ cangkir air perasan jeruk manis.
  • ¼ cangkir air perasan lemon.
  • 2 cangkir air atau air kelapa.
  • 2 sendok makan madu.
  • 1/8 sendok teh garam atau garam Himalaya.

Cara Membuat: Campurkan semua bahan lalu tuang ke dalam termos atau pitcher. Lebih baik diminum langsung. Dapat dicampur es batu jika ingin disajikan dingin.

2. Resep Kedua

  • 3 cangkir air kelapa.
  • 1 cangkir air matang.
  • ½ cangkir air perasan jeruk manis atau jeruk lemon.
  • ¼ sendok teh garam.
  • 2 sendok makan madu.

Cara Membuat: Campurkan semua bahan lalu tuang ke dalam termos. Silakan campurkan dengan es atau simpan di pendingin agar lebih nikmat.

Sedapat mungkin kurangi konsumsi minuman kemasan karena mayoritas mengandung zat tambahan sintetis. Seperti pewarna dan pemanis buatan. Jika ingin memberikan minuman kemasan sehat untuk anak, pastikan bahan-bahannya aman.

Jenis minuman lain yang tidak baik untuk kesehatan anak adalah minuman soda. Karena tinggi gula, rendah zat gizi serta tidak baik untuk kepadatan tulang dan giginya. Demikian rekomendasi minuman sehat untuk anak. Disertai dengan 2 resep minuman isotonik yang dapat dibuat sendiri di rumah.

 

  1. John Hopkins Medicine.2021. Healthy Drinks for Kids. https://www.hopkinsallchildrens.org/Patients-Families/Health-Library/HealthDocNew/Healthy-Drinks-for-Kids. (Diakses tanggal 13 Desember 2021).
  2. Kubala, Jillian. 2019. 7 Healthy Drinks for Kids (And 3 Unhealthy Ones). https://www.healthline.com/nutrition/healthy-drinks-for-kids. (Diakses tanggal 13 Desember 2021).
  3. Patwal, Swati. 2021. 10 Healthy Drinks For Kids (Besides Water). https://www.momjunction.com/articles/healthy-drinks-for-your-kid_00120578/. (Diakses tanggal 13 Desember 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi