Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 16 Juni 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Menjelang pemberian MPASI pada anak, orang tua tentu sangat antusias menyambut momen ini. Salah satu persiapan yang dilakukan orang tua adalah menyiapkan keperluan MPASI mulai dari resep, alat masak dan peralatan makan. Bagaimana cara memilih peralatan makan dan minum yang baik untuk anak?

4 Tips Memilih Peralatan Makan yang Aman Untuk Anak

Photo Credit: pixabay.com

Tips memilih peralatan makan anak

Saat memilih peralatan makan anak, apa pertimbangan utama Anda? Banyak orang tua memilih peralatan makan yang bergambar lucu atau gambar karakter kesukaan anak agar dapat meningkatkan nafsu makan anak. Pertimbangan tersebut tidak salah Bunda, hanya saja ada beberapa hal lain yang juga perlu Anda pertimbangkan. Berikut ini tips memilih perlengkapan makan untuk anak:

1. Pastikan berlogo food grade
Pilih peralatan makanan anak yang berlogo food grade. Peralatan makan dengan logo food grade mungkin akan sedikit lebih mahal namun lebih aman bagi si kecil. Peralatan makan yang berlogo food grade memiliki risiko rendah untuk tercemar zat berbahaya.

2. Pilih yang bebas BPA
BPA atau Bisphenol-A adalah zat berbahaya yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh dan mengganggu kelenjar endokrin. Salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah peralatan makan anak mengandung BPA atau tidak adalah dengan melihat simbol segitiga yang berbentuk panah berisi angka. Jika terdapat angka 7, atau bertuliskan PC, maka peralatan tersebut mengandung BPA.

3. Bebas Poly vinil chloride (PVC)
PVC merupakan bahan plastik yang sering diginakan sebagai bahan dasar bangunan dan bahan baku plastik mainan anak. Bahan ini berbahaya jika digunakan sebagai alat makan karena dikenal sebagai pemicu kanker.

4. Waspada dengan peralatan makan bahan melamin
Untuk peralatan makan bayi, penggunaan melamin cenderung lebih aman daripada palstik tradisional. Semua peralatan makan berbahan dasar melamin sebenarnya aman untuk bayi, namun sebaiknya segera ganti peralatan makan tersebut apabila sudah muncul goresan pada peralatan makan bahan melamin. Goresan pada peralatan makan dapat menyebabkan BPA bocor dan berbahaya bagi pencernaan anak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi