Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Kanker Serviks

Terbit: 10 April 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Kanker serviks adalah penyakit serius yang bisa terjadi pada wanita. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah rutin berolahraga. Apa saja jenis olahraga yang bisa mencegah penyakit ini? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut.

Tips Mencegah Kanker Serviks dengan Olahraga

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya kanker ini yaitu seorang wanita perlu melakukan pencegahan seperti vaksinasi HPV agar tubuh terhindari dari infeksi human papillomavirus (HPV), melakukan aktivitas seksualitas yang aman, dan pola makan yang sehat

Selain itu, olahraga merupakan salah satu cara untuk membantu melindungi wanita dari kanker serviks. Jika olahraga dilakukan dengan rutin, ada banyak penyakit lainnya yang bisa dicegah.

Beberapa pakar mengungkapkan, rutin melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena kanker serviks

Olahraga yang dilakukan tidak harus yang sulit atau harus dilakukan di pusat kebugaran. Cukup dengan olahraga sederhana seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, hingga berkebun.

Alasan mengapa olahraga bisa membantu mencegah kanker serviks adalah karena bisa membantu menjaga berat badan yang sehat.

Baca Juga: Beragam Cara Mendeteksi Dini Kanker Serviks

Malas berolahraga bisa membuat Anda mengalami kegemukan. Kegemukan termasuk dalam faktor risiko terkena kanker serviks; selain kebiasaan merokok atau infeksi virus HPV.

Tubuh yang aktif sepanjang hari dapat membuat tubuh membakar kalori lebih banyak dan mencegah kelebihan berat badan. Olahraga juga membantu wanita merasa lebih baik dan mengurangi risiko penyakit seperti kanker.

Berikut ini alasan lain mengapa olahraga dapat mengurangi risiko kanker, termasuk:

  • Mengatur hormon, karena peningkatan kadar beberapa hormon dapat meningkatkan risiko kanker.
  • Mendukung pencernaan yang sehat dan mengurangi racun dalam tubuh.

Berikut ini cara olahraga dapat mengurangi risiko untuk semua jenis kanker, antara lain:

  • Mengurangi kecemasan dan depresi.
  • Memperkuat jantung dan paru-paru.
  • Meningkatkan massa otot tanpa lemak dan kepadatan tulang.
  • Mencegah penyakit seperti osteoporosis, diabetes, penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan kolesterol tinggi.
  • Meningkatkan kekuatan dan tingkat energi secara keseluruhan.
  • Memungkinkan untuk melakukan aktivitas yang perlu dilakukan serta aktivitas yang disukai.
  • Meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Selain olahraga secara teratur dan mendapatkan vaksinasi HPV, wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi ini dianjurkan untuk melakukan deteksi dini kanker serviks.

Sementara itu, deteksi dini bisa dilakukan dengan inspeksi visual yang memakai asam asetat, pap smear, hingga tes HPV.

Baca Juga: Wanita Muda Terkena Kanker Serviks, Apa Penyebabnya?

Jenis-jenis Olahraga untuk Mencegah Kanker Serviks

Pada dasarnya, melakukan aktivitas fisik 30 menit hingga 1 jam dapat membantu mengurangi risiko kanker. Jika Anda melakukan aktivitas intensitas sedang seperti jalan cepat, berenang, atau bersepeda; hal tersebut dapat meningkatkan pernapasan dan detak jantung.

Sedangkan olahraga intensitas tinggi dapat membuat napas terengah-engah, ini termasuk sepak bola, squash, aerobik, hingga mendayung.

Apabila Anda tidak menyukai gym, cobalah latihan berikut ini:

  • Rekreasi aktif seperti menjelajahi hutan semak, berselancar, atau bersepeda.
  • Menggunakan transportasi umum, berjalan kaki, atau bersepeda ke tempat tujuan.
  • Olahraga seperti sepak bola dan tenis.
  • Salsa atau dansa.
  • Latihan kekuatan seperti pilates dan yoga.
  • Jalan cepat atau joging.
  • Lompat tali.

Jika memungkinkan, lakukan latihan tersebut secara rutin agar efektif dalam mencegah kanker serviks.

  1. Anonim. Exercise and Cervical Cancer. https://cms.illinois.gov/benefits/stateemployee/bewell/getmoving/exercise-and-cervical-cancer.html. (Diakses pada 21 Februari 2023)
  2. Anonim. Be physically active. https://www.cancervic.org.au/cancer-information/preventing-cancer/be-physically-active ving/exercise-and-cervical-cancer.html. (Diakses pada 21 Februari 2023)
  3. Anonim. Benefits of cervical cancer rehab. https://complete-pilates.co.uk/cervical-cancer-rehab/. (Diakses pada 21 Februari 2023)

DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi