Hindari 4 Pose Yoga ini Saat Anda Sedang Haid

Terbit: 9 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Haid merupakan sebuah siklus bulanan normal bagi wanita. Saat sedang haid, wanita disarankan untuk tidak melakukan beberapa aktivitas berat dikarenakan kondisi tubuh yang tidak stabil akibat hormon yang dikeluarkan.

Tapi, haid pun bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Salah satu olahraga yang diperbolehkan saat haid adalah yoga. Namun, harus diperhatikan kembali, kendati yoga aman dilakukan saat haid, faktanya ada beberapa gerakan yang dilarang betul karena bisa menyebabkan haid tidak stabil dan berimbas ke tubuh.

Berikut adalah 4 pose yoga yang dilarang saat haid:

1. Handstand

Gerakan handstand dalam yoga dikenal sebagai gerakan terbalik, yakni kepala di bawah dan kaki diatas dengan tumpuan kedua tangan. Saat sedang haid, hindari gerakan ini bisa menahan darah kotor untuk keluar. Kalau diteruskan, darah kotor tersebut akan membentuk gumpalan pada daerah rahim yang berujung menjadikan penyakit serius.

2. Pose perahu

Pose perahu dalam yoga biasa dikenal sebagai dhanurasana. Saat sedang haid, jangan sekali-kali melakukan gaya ini sebab akan menekan otot pada bagian perut, paha, serta selangkangan. Seperti diketahui, saat sedang haid, wanita mengalami nyeri luar biasa pada bagian perut. Maka dari itu, hindara gerakan ini agar terhindar dari nyeri akibat reaksi otot yang dipaksakan.

3. Menekuk ke belakang

Gaya menekuk ke belakang atau plow memang baik dilakukan saat keadaan normal. Tapi sama sekali tidak dianjurkan saat Anda sedang haid. Sebab, saat melakukan gerakan ini, ada beberapa otot yang bekerja secara bersamaan, yakni otot punggung, oto leher, otot pinggang, serta otot kaki. Dengan memforsir tenaga di saat haid, Anda akan mengalami kelelahan yang berdampak buruk. Maka dari itu, hindari gerakan ini saat sedang haid.

4. Gaya gagak

Gaya burung gagak atau crow pose adalahs salah satu alternatif yang biasa digunakan wanita sebagai metode untuk mengecilkan perut. Sebab, saat melakukan ini, sekitar tubuh akan merasakan panas yang diyakini sangat efektif dalam pembakaran lemak. Namun, beda halnya saat sedang haid. Jika kondisi dalam tubuh Anda terlalu panas, maka darah yang keluar akan semakin deras dan menyebabkan siklus haid terganggu.

DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi