Terbit: 19 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tomat merupakan salah satu buah yang sangat mudah kita peroleh. Tomat biasanya diolah dalam berbagai bentuk, kita umumnya membuatnya sebagai jus tomat, pelengkap masakan dan bahan pembuatan sambal atau olahan tomat lainnya. Rasanya yang segar dan memiliki banyak air membuat tomat menjadi salah satu buah satu sayur yang sangat sering kita makan.

Zat Hebat ini Ada di Tomat, Lho!

Dalam mengolah tomat, umumnya tomat yang kita olah adalah tomat yang sudah matang dan berwarna merah meskipun sebenarnya tomat yang masih berwarna hijau juga tetap dapat kita olah. Warna merah yang terdapat pada tomat ternyata berbeda dengan warna merah yang ada di buah atau sayur lain sebab tomat memiliki kandungan suatu zat yang lebih tinggi jumlahnya dibandingkan dengan buah atau sayur lain yang berwarna merah.

Zat yang dimaksud tersebut adalah zat likopen. Likopen sebenarnya memberi pigmen warna merah pada beberapa buah atau sayur namun kandungan likopen ini paling banyak dapat kita peroleh di tomat pada bagian kulitnya. Likopen merupakan zat fitokimia yang baik untuk tubuh.

Menurut pakar kesehatan Rita Ramayulis, zat likopen memiliki fungsi yang bermanfaat bagi tubuh. Likopen berperan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga mampu menurunkan resiko kanker. Menurut penelitian likopen memiliki fungsi dua kali lebih efektif untuk melindungi sel darah putih dari kerusakan oleh radikal bebas dibandingkan dengan zat betakaroten. Hal ini yang menyebabkan likopen mampu menurukan resiko kanker saluran cerna, kanker darah dan kanker payudara karena fungsinya yang melindungi DNA sel darah putih dari radikal bebas.

Selain itu likopen memiliki manfaat untuk melindungi tulang. Hal ini disebabkan dengan adanya likopen dalam tubuh maka sel yang membentuk tulang akan terstimulasi sehingga pembentukan tulang lebih baik. Likopen juga akan menghambat proses osteoclast yang menyebabkan penyerapan zat yang dapat merusak tulang jadi terhambat.

Likopen memiliki banyak manfaat untuk tubuh, kita dapat memperoleh manfaat tersebut dari bahan makanan yaitu tomat. Tomat tidak hanya segar dipandang dan dimakan namun juga menyehatkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi