Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjaga kesehatan rambut bisa dengan cara melakukan perawatan, baik di salon kecantikan maupun di rumah. Namun, hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut adalah dengan cara mencucinya dengan sampo secara rutin, minimal 2-3 kali seminggu.

Waspada, Inilah 3 Zat yang Terkandung Pada Sampo

Penggunaan sampo sendiri bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Selain itu, memiliki aroma yang bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai dengan selera sehingga bisa membuat rambut menjadi lebih wangi setelah dicuci.

Akan tetapi, dibalik aromanya yang wangi dan manfaatnya yang bisa membersihkan rambut, ternyata sampo mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karenanya, Anda harus lebih waspada sebelum menggunakan sampo yang Anda pilih. Berikut adalah 3 kandungan zat di dalam sampo yang ternyata berbahaya bagi kesehatan, diantaranya:

1. Sulfat

Jenis zat kimia ini juga bisa dijumpai di dalam produk kecantikan, termasuk sampo. Sulfat bermanfaat untuk memberikan efek busa pada sampo yang biasanya hadir dalam bentuk sodium laureth dan sodium lauryl sulphate. Perlu Anda ketahui bahwa zat ini bisa merugikan rambut Anda karena bisa menyebabkan kerapuhan. Sehingga, rambut Anda akan mudah rontok dan terlihat tidak sehat.

2. Paraben

Zat berbahaya selanjutnya yang terkandung di dalam sampo adalah paraben. Zat ini biasanya bisa Anda temukan di dalam produk perawatan kulit, namun juga bisa di dalam perawatan rambut, yakni sampo. Paraben dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah bakteri. Akan tetapi, paraben juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan, yaitu bisa menyebakan kanker payudara. Jika sampo yang Anda beli ternyata terdapat tulisan propyllparaben, benzylparaben, methyl-paraben, atau butylparaben dalam kemasan, maka sebaiknya Anda tidak membeli sampo tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Pengharum

Kandungan zat berbaya di dalam sampo yang terakhir adalah pengharum. Zat ini sangat penting karena bisa membuat rambut memiliki aroma wangi setelah dicuci. Sebagian besar orang memilih sampo berdasarkan aroma yang terkandung di dalamnya, padahal aroma tersebut justru dapat mendatangkan masalah. Pasalnya, aroma yang terkandung di dalam sampo berasal dari zat pengharum yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau memperparah gejala asma.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi