Terbit: 31 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Yoghurt dikenal luas sebagai makanan untuk mereka yang sedang menjalani program diet, namun, pakar kesehatan juga menyebut makanan ini bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker payudara. Bagaimana cara yoghurt bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Rutin Makan Yoghurt Turunkan Risiko Kanker Payudara

Yoghurt Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Medical Hypotheses, disebutkan bahwa jika wanita mengonsumsi yoghurt secara rutin, maka risiko terkena untuk risiko terkena kanker payudara bisa diturunkan dengan signifikan. Penelitian ini dilakukan oleh tim gabungan dari Lancaster University serta University Hospitals of Morecambe Bay NHS Trust, Inggris.

Yoghurt memiliki kandungan bakteri baik yang berasal dari proses fermentasi laktosa pada susu. Bakteri ini ternyata juga bisa ditemukan di dalam payudara ibu yang sedang dalam masa menyusui.

“Ternyata, ASI tidak sesteril yang kita duga, namun keberadaan bakteri yang ada di dalamnya bisa memberikan keuntungan bagi kesehatan. Proses laktasi juga bisa mengubah mikroflora di dalam payudara,” ucap salah satu peneliti yang terlibat, Rachel Rigby dari Lancaster University’s Faculty of Health and Medicine.

Bakteri fermentasi laktosa ini ternyata bisa memberikan perlindungan bagi payudara. Rigby dan timnya pun menemukan fakta bahwa ibu yang menyusui selama satu tahun mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 4,3 persen.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

“Sel-sel yang ada di dalam kelenjar payudara ternyata memiliki kandungan mikroflora. Mikroflora ini juga bisa ditemukan di dalam perut dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita dengan signifikan. Semakin kuat sistem kekebalan tubuh, semakin menurun risiko terkena kanker,” pungkas Rigby.

Manfaat Makan Yoghurt Secara Rutin

Selain bisa menurunkan risiko kanker payudara, pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsi yoghurt.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Pakar kesehatan menyebut mengonsumsi yoghurt sebanyak dua atau tiga porsi setiap hari secara rutin bisa menurunkan tekanan darah hingga 50 persen lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tak pernah mengonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kalium yang bisa menurunkan kadar kalium, salah satu penyebab peningkatan tekanan darah yang biasanya ditemukan di dalam garam.

  1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Sudah menjadi rahasia umum jika yoghurt bisa membuat fungsi pencernaan meningkat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan probiotik alias bakteri baik yang akan membuat bakteri jahat jumlahnya semakin menurun di dalam usus. Kita pun tidak akan mudah terkena infeksi. Proses pencernaan makanan pun akan berjalan dengan lebih baik.

  1. Baik bagi Kesehatan Tulang

Yoghurt tinggi kandungan kalsium. Sebagaimana kita ketahui, kandungan ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Risiko terkena osteoporosis pun bisa ditekan dengan signifikan.

Mitos yang menyebut yoghurt bisa mengikis email gigi tidaklah benar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Marmara University, disebutkan bahwa asam laktat di dalam makanan ini justru bisa memberikan perlindungan bagi gigi dan gusi dengan lebih baik.

  1. Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat

Keberadaan probiotik di dalam yoghurt tak hanya akan membuat pencernaan akan berfungsi dengan lebih baik. Dalam realitanya, kandungan ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Tubuh pun akan fit dan kita tidak akan mudah jatuh sakit.

  1. Baik bagi Kesehatan Kulit

Orang yang rutin makan yoghurt ternyata memiliki kulit yang lebih bersih dan sehat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam laktat yang berperan sebagai exfoliator atau penyingkir sel-sel yang sudah mati. Proses regenerasi sel-sel, termasuk pada kulit akan berlangsung dengan lebih baik.

 

Sumber

  1. Anonim. 2020. Why eating yoghurt may help lessen the risk of breast cancer. https://www.lancaster.ac.uk/health-and-medicine/about-us/news/why-eating-yoghurt-may-help-lessen-the-risk-of-breast-cancer. (Diakses pada 31 Januari 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi