Terbit: 28 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Yoghurt dikenal luas sebagai salah satu makanan yang cocok bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Hanya saja, penelitian terbaru justru menunjukkan tentang manfaat lain yang disediakan oleh yoghurt, yakni bisa membantu menurunkan risiko kanker paru.

Makan Yoghurt Bisa Turunkan Risiko Terkena Kanker Paru

Yoghurt Menurunkan Risiko Kanker Paru

Tak hanya tinggi kandungan protein, kalsium, dan bakeri baik, dalam realitanya, sebuah penelitian yang dilakukan di Vanderbilt University Medical Center yang ada di kota Nashville, Tennessee, Amerika Serikat menghasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsinya bisa menurunkan risiko kanker paru hingga 20 persen. Jika konsumsi yoghurt dikombinasikan dengan makanan tinggi serat, risiko ini bahkan bisa diturunkan sampai lebih dari 30 persen!

Probiotik yang ada di dalam yoghurt tak hanya akan mendukung fungsi pencernaan. Dalam realitanya, kandungan ini memiliki sifat anti peradangan dan mampu melawan perkembangan sel-sel kanker.

Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul JAMA Oncology ini, para peneliti mengecek 10 penelitian sebelumnya dilakukan di Amerika, Eropa, serta Asia. Total, 1,44 juta data partisipan dilibatkan dalam penelitian ini.

Data ini dikumpulkan dan dicek untuk mengetahui seberapa banyak asupan serat dan yoghurt yang dikonsumsi para partisipan. Para peneliti juga mengecek seberapa banyak orang yang mengidap kanker paru. Hasilnya adalah, rutin makan yoghurt satu cangkir saja setiap hari sudah bisa menurunkan risiko kanker paru hingga 19 persen.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Sementara itu, jika kita rutin mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, gandum, dan sejenisnya bisa membantu menurunkan risiko kanker paru hingga 15 persen. Jika kita mengombinasikan yoghurt dengan makanan berserat tinggi, risiko ini bisa ditekan hingga 33 persen!

Berbagai Manfaat Yoghurt Lainnya yang Tidak Kita Duga

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan dari yoghurt yang bisa didapatkan jika kita mengonsumsinya setiap hari.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi yoghurt hingga dua atau tiga porsi setiap hari sudah cukup untuk menurunkan tekanan darah 50 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak pernah mengonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kalium yang tinggi di dalamnya. Kalium inilah yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah.

  1. Baik bagi saluran Pencernaan

Kandungan probiotik di dalam yoghurt akan mengembalikan keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Hal ini akan berimbas pada tubuh yang menyerap makanan dengan lebih baik, mencegah datangnya gangguan pencernaan, sekaligus membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

  1. Baik bagi Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium di dalam yoghurt sangatlah tinggi. Hal ini berarti rutin mengonsumsinya bisa membantu mencegah masalah pada tulang dan gigi. Sebagai contoh, risiko terkena osteoporosis bisa diturunkan dengan signifikan.

Penelitian yang dilakukan di Marmara University juga menghasilkan fakta bahwa rutin makan yoghurt bisa mencegah terkikisnya email gigi.

  1. Menurunkan Risiko Obesitas

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, yoghurt dikenal luas sebagai makanan yang sering dikonsumsi oleh mereka yang menjalani program diet. Dalam realitanya, yoghurt memang bisa membantu menurunkan berat badan dan mecegah obesitas. Hal ini disebabkan oleh kandungan probiotik, kalsium, serta protein di dalamnya yang akan mempengaruhi keseimbangan hormon yang mengendalikan rasa kenyang dan lapar.

  1. Cocok Dikonsumsi Saat Tubuh Lelah

Jika tubuh terasa lelah karena baru saja berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya, jangan ragu untuk makan yoghurt demi membantu memulihkan tubuh dan mengembalikan energi yang sempat hilang.

 

Sumber:

  1. Kekatos, Mary. Eating a yogurt cup a day could cut lung cancer risks by 20 per cent by boosting healthy bacteria and tumor-killing immunity, study suggests. co.uk/health/article-7609489/Eating-yogurt-cup-day-cut-lung-cancer-risks-20-study-suggests.html. (Diakses pada 28 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi