Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki perut buncit memang menjengkelkan dan kadang membuat seseorang menjadi tak percaya diri. Selain itu, perut buncit juga membuat pergerakan menjadi terbatas dan bisa meningkatkan datangnya berbagai penyakit berbahaya. Sebab, perut buncit sendiri diakibatkan oleh lemak yang menumpuk pada perut.

3 Gerakan Yoga yang Terbukti Ampuh dalam Meratakan Perut Buncit

Lantas, lemak yang tidak diusir tersebut akan membuat metabolisme dan pencernaan menjadi terganggu sehingga ancaman berbagai penyakitpun bisa datang. Untuk itu, alangkah baiknya bagi setiap orang untuk tetap menjaga kondisi tubuhnya agar tidak terdapat lemak berlebih.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir lemak dari perut, salah satunya adalah dengan yoga. Ya, yoga adalah olahraga yang dilakukan dengan metode memusatkan fokus pada titik tertentu dengan teknik serta gerakan. Adapun beberapa jenis yoga yang bisa meratakan perut, diantaranya:

1. Dhanurasana

Teknik yoga yang satu ini dilakukan dengan cara tengkurang dan mengangkat kaki ke atas. Kemudian, kedua tangan juga diangkat untuk meraih kaki sehingga tubuh akan membentuk lingkaran. Dalam teknik ini, otot perut adalah yang paling banyak digunakan sehingga tak sedikit orang yang memiliki perut buncit rutin melakukan latihan dhanurasana.

2. Naukasana

Dalam ilmu yoga, naukasana dikenal sebagai teknik dasar dalam yoga. Praktiknya sederhana, yakni melakukan duduk dengan kaki diangkat setinggi mungkin lalu dipegang menggunaka tangan. Dalam latihan ini, otot perut akan digunakan semaksimalkan mungkin sehingga bisa mengusir lemak penyebab perut buncit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Pavanamukthasana

Untuk jenis gerakan yang satu ini memang perluk kekuatan perut yang sedikit besar. Sebab, dalam melakuannya, Anda diharuskan agar menekan perut sehingga akan terjadi kontraksi yang cukup kuat. Namun, tak perlu khawatir, sebab gerakan ini telah terbukti bisa meluruhkan lemak perut secara efektif. Caranya, Anda harus tidur terlentang lalu menekuk kedua kaki dan mengangkatnya sampai menempel pada perut. Tahan posisi ini selama beberapa menit lalu kembali ke posisi semula.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi