15 Manfaat Es Krim Menyehatkan Tubuh Bila Tak Berlebihan (No. 9 Tak Disangksa)

es-krim-doktersehat
Photo Source: Flickr/distillated

Doktersehat.com – Es krim adalah jenis makanan populer yang digemari hampir setiap orang terutama anak-anak, karena menawarkan beragam rasa dan aneka kreasi es krim yang menggugah selera. Selain menjadi hidangan yang nikmat, manfaat es krim juga dapat menyegarkan susana saat berkumpul bersama keluarga atau pun dengan sahabat. Dingin, manis, dan enak, begitulah kata-kata yang bisa menggambarkan es krim. Sebelum mengetahui manfaat makan es krim, terlebih dulu simak kandungan gizi pada es krim di bawah ini.

Kandungan Es Krim

Es krim termasuk dalam kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semipadat dan memiliki nilai gizi tinggi. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es krim di antaranya: lemak susu, padatan susu tanpa lemak (skim), krim, gula pasir, bahan penstabil, pengemulsi, dan pencita rasa.

Satu porsi es krim yang berbahan susu sekitar 66 gram mengandung 137 kalori, 40,26 gram kadar air, 2,31 gram protein, 7,26 gram lemak, 0,59 gram ash, 15,58 gram karbohidrat, 0,5 gram serat makanan, dan 14,01 gram total gula.

Kandungan tersebut mencakup berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, di antaranya:

  • Vitamin D 33,33%
  • Total lemak (lipid) 20,74%
  • Vitamin B2 12,15%
  • Karbohidrat 11,98%
  • Vitamin C 11,33%
  • Vitamin A 11,14%
  • Vitamin B12 10,83%
  • Fosfor 9,86%
  • Kalsium 8,40%
  • Isoleusin 7,72%
  • Vitamin B5 7,66%
  • Triptofan 6,82%
  • Valin 6,77%
  • Leusin 5,65%
  • Threonine 5,45%
  • Lisin 5,08%

Manfaat Es Krim bagi Kesehatan

Selain nikmat dan menyegarkan, manfaat makan es krim juga baik bagi kesehatan, berikut penjelasan selengkapnya:

1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi progresif di mana tulang menjadi lemah dan secara struktural lebih mungkin berisiko fraktur atau patah tulang. Kebanyakan osteoporosis diderita wanita pasca-menopause pada usia 40-50 tahun, terutama wanita berkulit terang dan memiliki riwayat keluarga osteoporosis.

Osteoporosis tidak memiliki gejala sampai patah tulang terjadi. Wanita paling sering mengalami patah tulang di pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Tapi fraktur pun bisa menjadi tanda peringatan bahwa tulang lebih lemah. Osteoporosis menjadi fokus perhatian yang dirasa semakin penting seiring perubahan gaya hidup yang semakin jauh hidup sehat.

Manfaat es krim yang mengandung susu bisa memberikan asupan kalsium bagi tubuh dan tulang. Bagi orang yang tidak suka minum susu, es krim bisa menjadi pilihan tepat guna mencukupi kebutuhan kalsium. Dengan asupan kalsium yang cukup, tulang tidak akan mudah rapuh dan keropos.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Karena banyak mengandung susu yang kaya akan laktoferin dan sitokin, manfaat makan es krim sebenarnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, termasuk juga influenza. Susu dalam es krim tersusun dari laktoferin, yang memiliki peran sebagai zat pertahanan tubuh non-spesifik terhadap patogen. Laktoferin juga memiliki aktivitas Antiviral, terutama terhadap cytomegalovirus, influenza, dan HIV.

Ironisnya, selama ini es krim justru dianggap sebagai penyebab flu, batuk, dan pilek. Padahal, pada saat kita menyantap es krim, lelehan es krim yang masuk ke dalam mulut dipengaruhi oleh suhu tubuh, sehingga suhunya pun sudah tidak dingin lagi.

Larangan memakan es krim pada saat sakit juga termasuk anggapan yang salah. Pada saat sakit, tubuh membutuhkan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi aatau kekurangan cairan. Es krim merupakan salah satu hidangan yang dapat menyediakan banyak cairan bagi tubuh kita. Pengecualian bagi penderita radang tenggorokan, asma, maupun amandel karena berpotensi untuk kambuh.

3. Tidak menyebabkan gemuk

Es krim memang mengandung lemak, terutama lemak jenuh. Hal itu menyebabkan banyak orang menghindari es krim karena takut gemuk. Padahal, kontribusi energi es krim per takaran saji (satu cangkir) hanya sekitar 10% dari total kebutuhan energi dan kontribusi lemaknya sekitar 15% dari total kebutuhan lemak per hari. Jumlah tersebut termasuk kecil, sehingga kurang pas jika es krim dituduh sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas.

4. Indeks glikemik rendah

Menurut National Dairy Council, es krim memiliki indeks glikemik rendah. Itu berarti gula dalam es krim secara perlahan dilepaskan ke dalam darah. Jadi manfaat makan es krim membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan tentu ini cocok buat Anda yang ingin mempertahankan berat badan ideal!

5. Rendah kalori

Seporsi es krim sekitar 75 gram mengandung kalori jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan sepotong cheesecake. Es krim hanya 110 kalori, sedangkan cheesecake 510 kalori.

Sementara es krim tradisional mengandung sekitar 137 kalori per 66 gram, sebagian besar jenis es krim protein mengandung kurang dari setengah jumlah tersebut.

Manfaat es krim ini sangat bagus untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, karena mengurangi asupan kalori dapat menjadi langkah yang efektif untuk mempertahankan berat badan.

Menurut satu ulasan dari 34 studi, diet rendah kalori dapat menurunkan berat badan rata-rata 8% selama 3-12 bulan.

Namun makanan yang rendah kalori (seperti es krim protein) harus dipadukan dengan diet sehat dan menyeluruh untuk memaksimalkan penurunan berat badan dan mempertahankan untuk jangka panjang.

6. Sumber vitamin

Manfaat es krim sangat baik bagi tubuh berkat susu yang mengandung vitamin dan nutrisi seperti potasium, vitamin A, vitamin C, vitamin B12, vitamin B6, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Kandungan vitamin K dapat mengencerkan darah dan mencegah risiko pembekuan darah. Es krim juga merupakan sumber niasin, antioksidan, riboflavin dan tiamin, yang membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi saraf dan organ.

7. Menurunkan risiko penyakit

Penelitian menyebutkan bahwa manfaat es krim berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung, kanker kolorektal, dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Meski tidak sedikit manfaat makan es krim, bukan berarti Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Segala yang berlebihan pasti ada risikonya. Jadi, sila makan es krim dengan tetap mengingat jumlahnya, ya!

8. Membantu menurunkan berat badan

Sangat berbeda dengan apa yang sebagian besar kita pikirkan, tetapi manfaat makan es krim dapat membantu proses penurunan berat badan, lho. Ini karena alasan sederhana bahwa tubuh Anda cenderung kehilangan lebih banyak kalori ketika makan sesuatu yang dingin.

Namun, jika berpikir bahwa Anda bisa makan banyak es krim setiap hari dapat menurunkan berat badan, itu tidak benar. Anda harus menakar seberapa banyak Anda makan es krim dalam sehari, yang dapat membantu Anda menjalani penurunan berat badan.

9. Meningkatkan libido

Tak disangka, manfaat makan es krim ternyata dapat membantu meningkatkan hasrat seksual!

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan keintiman dengan pasangan, makan es krim secara teratur bisa menjadi alternatif.

Selain meningkatkan sirkulasi oksigen ke jaringan dan menjaga keseimbangan pH tubuh Anda, kandungan fosfor dalam es krim dapat membantu meningkatkan libido dengan menjaga kadar testosteron Anda.

10. Meningkatkan kesuburan

Sedang program hamil? Jika ya, manfaat es krim juga dapat membantu Anda untuk segera memiliki momongan.

Berdasarkan sebuah penelitian, telah terbukti bahwa wanita yang makan produk susu tinggi lemak seperti es krim, memiliki tingkat kesuburan yang lebih baik dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi produk susu skim atau non-lemak.

Bahkan, manfaat es krim bagi ibu hamil dapat mengatasi mual pada tahap awal kehamilan. Ibu hamil bisa memakan satu atau dua sendok es krim.

Kandungan kalsium dari es krim sebenarnya juga dapat membantu pertumbuhan tulang janin dalam kandungan.

11. Membantu merangsang otak

Manfaat makan es krim dapat membantu merangsang otak dan membuat Anda lebih pintar. Menurut salah satu penelitian, terbukti bahwa orang yang mengonsumsi es krim di pagi hari lebih bersemangat daripada orang yang tidak makan es krim.

12. Membantu memperkuat tulang

Kalsium adalah salah satu mineral terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan tulang kita. Namun, mineral ini tidak diproduksi oleh tubuh kita, yang berarti kita harus mengonsumsi makanan yang kaya kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh kita. Es krim sarat dengan kalsium dan dapat dimasukkan dalam makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

13. Menambah energi

Sampai di sini, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa manfaat es krim baik untuk kesehatan? Itu karena makanan yang segar ini memberi Anda energi instan, karena mengandung banyak gula, yang langsung membuat Anda merasa bersemangat dan berenergi.

Jadi, bila Anda kekurangan energi, makan es krim bisa menjadi pilihan Anda untuk menambah tenaga demi melanjutkan aktivitas.

14. Memperbaiki mood

Anda merasa murung atau sedih? Cobalah makan es krim favorit Anda, karena manfaat makan es krim benar-benar dapat memperbaiki mood Anda!

Berdasarkan penelitian, ketika Anda makan es krim, tubuh menghasilkan hormon yang dikenal sebagai serotonin, hormon yang membuat Anda merasa bahagia.

15. Mencegah kanker payudara

Kekurangan kalsium dalam tubuh adalah salah satu penyebab kanker payudara pada wanita. Karena itu, jika Anda ingin mencegah penyakit yang mematikan ini, perbanyaklah makan makanan yang mengandung banyak kalsium. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah makan es krim. Asupan kalsium yang cukup dapat menurunkan atau mengurangi kemungkinan kanker payudara pada wanita.

Nah, itu dia manfaat es krim yang selama ini tidak Anda ketahui. Namun, jangan terlalu banyak makan es krim, karena yang berlebihan selalu tidak baik ya, Teman Sehat!

 

Sumber:

  • What Is Protein Ice Cream, and Is It Healthy? (https://www.healthline.com/nutrition/protein-ice-cream, diakses 5 Agustus 2019).
  • 10 Surprising Benefits of Eating Ice Cream (https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-10-surprising-benefits-of-ice-cream/, diakses 5 Agustus 2019).
  • Ice cream (https://www.healthbenefitstimes.com/ice-cream/, diakses 5 Austus 2019).
  • 8 Surprising Health Benefits of Ice Cream (https://www.beliefnet.com/wellness/health/8-surprising-health-benefits-of-ice-cream.aspx, diakses 5 Agustus 2019).