Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi pasangan yang memiliki hobi nonton, tentunya tidak sabar untuk mengajak si kecil ikut serta menonton film di bioskop. Pertama kali mengajak si kecil ke bioskop bisa jadi pengalaman mendebarkan bagi orang tua dan anak. Agar acara nonton Anda lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak anak nonton ke bioskop.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajak Anak ke Bioskop

Tips Mengajak Anak Nonton ke Bioskop

1. Perhatikan umur anak

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan sebelum mengajak anak nonton adalah usia si kecil. Sebenarnya tidak ada patokan khusus kapan orang tua bisa mengajak anak nonton ke bioskop. Bioskop pun tidak memiliki aturan khusus tentang ini. Namun, sebaiknya hindari mengajak anak yang masih usia bayi untuk ke bioskop.

Selain dapat mengganggu penonton yang lain, suara di bioskop juga dapat mengganggu pendengaran bayi yang masih rapuh. Dalam kondisi parah, paparan suara di bioskop dapat menyebabkan anak tuli permanen. Kebanyakan orang tua mulai mengajak anak ke bioskop sekitar usia 3-4 tahun. Selain karena perkembangan anak juga sudah mulai matang, anak-anak juga sudah mulai memahami cerita yang ditonton.

2. Pilih film yang tepat

Anda bisa mencari informasi dan resensi mengenai film yang akan ditonton. Pastikan film yang akan ditonton adalah film anak-anak yang sesuai dengan usia anak. Sebaiknya pilih film dengan durasi yang tidak terlalu panjang agar anak-anak tidak bosan.

3. Persiapkan dengan baik

Jika rencana untuk nonton sudah matang, maka persiapkan anak untuk nonton dengan baik. Pastikan perut anak kenyang sebelum nonton dan tidak melakukan aktivitas berat sebelumnya. Pilih jam nonton paling awal agar anak masih segar dan tidak mengantuk saat nonton.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Ajak anak berkeliling bioskop

Anak mungkin akan takut saat memasuki bioskop karena gelap. Anda bisa mengajak anak untuk berkeliling di bioskop agar anak tidak asing dengan suasana bioskop.

5. Jelaskan aturan di bioskop

Saat berada di dalam bioskop, jelaskan pada anak untuk tidak bicara dengan suara keras, menangis, dan sebagainya. Jika anak merasa ingin menangis karena takut atau hal lainnya, ia harus memberi kode pada Anda. Anda juga bisa memilih kursi yang dekat dengan pintu keluar agar mudah keluar masuk dan tidak mengganggu penonton yang lain.

Selamat menonton, Moms!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi