Terbit: 27 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernah tidak mengalami belang kering di wajah tapi tidak rata? Ini adalah salah satu hal paling menyebalkan yang biasanya muncul ketika ada perubahan cuaca. Menurut ahli Jeanine B. Downie, M.D di Womenhealthmag.com, saat cuaca dingin kulit cenderung terkena dampak besar pada kelembabannya. Ditambah lagi angin yang menghantam kulit yang tidak dapat perlindungan dari topi atau syal. Faktor ini bisa membuat kulit jadi rentan dehidrasi. Akhirnya, belang kering tercipta.

Yang Perlu Anda Ketahui Jika Memiliki kulit Kering yang Tidak Merata

Ada pula sebab lain seperti penggunakan produk kecantikan. Ketika terlalu banyak produk yang berbahaya atau rutinitas lulur Anda terlalu keras, kulit jadi kehilangan kelembabannya juga. Tapi tak perlu cemas jika ini sudah terlanjur terjadi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Hindari produk yang menyebabkan kulit kering

Hentikan penggunakan produk yang menyebabkan kulit jadi kering seperti toner atau masker peeling. Lakukan ini jika penyebab utama belang kering pada kulit Anda adalah produk yang Anda gunakan. Gantilah ke produk yang berbahan lebih ringan namun sesuaikan juga dengan jenis kulit. Nah, agar tidak makin melukai kulit yang sudah kering, pilih produk yang tidak menggunakan pengharum. Pengharum bisa makin membuat kulit iritasi dan kering.

2. Jangan mandi terlalu lama

Batasi waktu mandi terutama jika menggunakan air hangat. Air hangat yang memapar kulit dalam durasi yang cukup lama bisa menghilangkan minyak alami pada kulit, ini yang menjadi penyebab kulit jadi kering dan lebih kering.

3. Jangan menggosok kulit terlalu keras

Pada beberapa produk dengan bahan yang keras biasanya sudah disarankan untuk tidak terlalu menggosok dan menekan dalam penggunaan. Ini akan berakibat sama dengan mandi air hangat berlama-lama. Oles halus dan pelan saja ketika membersihkan wajah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Jangan lupakan pelembab

Gunakan pelembab bebas minyak jika Anda memiliki kulit cenderung berminyak dan berjerawat. Siapa bilang kulit berminyak tidak bisa kering dan belang? Untuk semakin mencegahnya, Anda bisa mulai memilih produk-produk yang bebas minyak, terutama yang paling penting adalah pelembab. Tengok juga pada label jika produk tersebut tidak akan memperparah komedo atau jerawat Anda ya.

Itu dia 4 cara sederhana jika Anda bermasalah dengan kulit belang kering terutama di wajah. Semoga membantu ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi