Terbit: 3 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Liburan dengan anak penderita diabetes memerlukan perencanaan dan persiapan yang jauh lebih banyak dari biasanya. Persiapan yang baik akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan menyenangkan bagi Anda dan anak, apakah bepergian ke luar ngeri untuk mengunjungi keluarga atau terbang untuk sekadar liburan yang menyenangkan.

Yang Harus Disiapkan Jika Liburan dengan Anak Penderita Diabetes

Artikel ini memberikan tips bermanfaat tentang cara sukses bepergian dengan anak penderita diabetes, seperti dilansir dari Wiki How, berikut ini:

1. Buatlah daftar kebutuhan dan perlengkapan pribadi yang perlu Anda bawa
Merencanakan perjalanan bisa sangat sibuk dan Anda tidak ingin melupakan apapun yang akan merusak perjalanan Anda nantinya.

Siapkan persediaan tambahan untuk masalah tak terduga seperti penundaan penerbangan, berhenti yang tidak direncanakan, dan kerusakan mobil.

Ini termasuk insulin dan obat lain, jarum suntik, persediaan tes glukosa, dan makanan ringan atau perawatan lain yang dapat Anda gunakan saat gula darah anak Anda menjadi rendah.

2. Simpan semua perlengkapan diabetes di dekat Anda, bukan di bagasi
Hal ini sangat penting saat terbang karena perubahan tekanan dan suhu di bagian bagasi pesawat terbang dapat merusak atau membekukan insulin.

Anda dapat mempersiapkan ketika tiba-tiba kondisi hangat di pesawat dan cuaca panas di tempat tujuan Anda dengan menyimpan insulin dan perlengkapan lainnya ke dalam kotak pendingain yang dirancang khusus. Ini akan menjaga insulin dan persediaan makanan pada suhu yang aman hingga 12 jam.

3. Buat surat dari dokter anak Anda
Sebelum Anda bepergian, konsultasikan dengan dokter Anda tentang kesehatan anak Anda, untuk menulis surat yang secara singkat menjelaskan pengobatan diabetes.

Surat ini harus mencakup informasi tentang jenis insulin dan ukuran jarum suntik anak Anda, obat tambahan lain yang mereka butuhkan, dan alergi atau kondisi medis penting lainnya.

Surat ini mungkin berguna saat melewati keamanan bandara, atau jika Anda perlu meminta bantuan medis untuk anak Anda selama perjalanan Anda.

4. Mintalah resep tambahan untuk obat anak Anda untuk antisipasi
Resep tambahan akan sangat berguna jika Anda kehilangan kantung obat anak Anda, atau jika Anda akhirnya tinggal di tempat tujuan lebih lama dari yang diinginkan.

Jika mungkin, carilah produk insulin yang tersedia di negara tujuan Anda. Ingatlah bahwa kekuatan insulin mungkin berbeda di negara lain. Ini akan mengharuskan Anda menggunakan jarum suntik yang berbeda.

Jika Anda berharap untuk secara signifikan lebih atau kurang aktif selama perjalanan, buatlah rencana dengan penyedia medis Anda tentang bagaimana menyesuaikan dosis dan jadwal insulin Anda.

5. Ajarkan anak Anda untuk mengatakan “Saya menderita diabetes”
Jika anak Anda sudah cukup umur, ada baiknya Anda mengajari mereka cara mengatakan “Saya menderita diabetes” dalam bahasa negara tujuan Anda.

Dengan begitu, jika mereka tersesat saat berada di luar negeri, anak Anda bisa mengkomunikasikan kebutuhan mereka kepada orang lain.

Frase lain yang berguna untuk dipelajari meliputi “Tolong, saya memerlukan jus atau gula”, dan “Saya memerlukan dokter”.

Jika anak Anda terlalu muda untuk belajar mengucapkan kalimat itu, tuliskan ungkapan di selembar kertas dan mintalah anak Anda untuk menyimpannya di saku mereka setiap saat, sehingga anak dapat menunjukkannya kepada seseorang jika perlu.

Jika memungkinkan, anak Anda juga harus mengenakan beberapa jenis tanda peringatan medis dan membawa informasi kontak darurat dari penyedianya, jika Anda terpisah.

6. Pertimbangkan untuk mendapatkan asuransi perjalanan
Memiliki asuransi perjalanan untuk anak pengidap diabetes mungkin akan sangat berguna jika diperlukan penggantian rawat inap atau peralatan. Menerima perawatan medis di luar negeri bisa mahal, jadi sebaiknya dipersiapkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi