Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Leher adalah bagian tubuh yang kadang kala sering dilupakan dan disepelekan dalam urusan perawatan kecantikan. Seringnya Anda hanya membasuh ketika mandi dan cuci muka, padahal kulit leher membutuhkan lebih dari itu. Jika mata adalah jendela untuk jiwa, maka leher adalah jalan dan rumah untuk hak-hal penting lainnya. Sadar kan kalau pada leher terdapat kelenjar getah bening, pembuluh darah besar dan arteri yang mana menjadi penghubung yang membawa darah dan limfa dari dan ke kepala. Singkatnya, leher itu penting dan harus diperhatikan.



Photo Credit: Flickr.com/ Maria Morri

Kebiasaan Buruk yang membuat Kulit Wajah dan Leher Jadi Kusam

Ada satu kebiasaan bernama Tech neck atau text neck, dilansir dari Mindbodygreen.com. ini adalah kebiasaan dimana Anda menunduk untuk memperhatikan ponsel dengan durasi yang cukup lama. Menunduk memberikan tekanan dan akibat yang tidak baik untuk postur tubuh. Jika dilakukan secara berlebihan, kulit pun akan kena imbasnya. Kulit di area wajah terutama leher bisa jadi kusam dan bergelambir.

Lantas bagaimana mengatasinya? Yang utama adalah kurangi kebiasaan buruk tersebut. Jangan menunduk terlalu lama untuk melihat ponsel atau laptop. Dan jika terpaksa dilakukan, kurangi durasi atau seling dengan kegiatan yang meliputi menengadahkan kepala. Atau Anda bisa mengarahkan ponsel atau laptop tidak di posisi bawah leher.

Kedua, Anda juga bisa menyelipkan kebiasaan lain sebelum berangkat tidur. Ini hanya butuh lima menit saja, lakukan peregangan leher. Caranya adalah angkat leher dan lakukan peregangan rahang. Cara ini akan memberikan efek rileks karena otot akan bebas dan aliran darah lebih lancar. Yang mana ini juga akan membuat dampak bagus pada kulit.

Yang tak kalah penting adalah melindungi kulit leher dengan produk-produk kecantikan. Tabir surya tentu tak boleh Anda lupakan jika Anda sering melakukan kegiatan luar ruangan. Untuk produk kecantikan lainnya, Anda bisa memiliki produk dengan kandungan anti-peradangan. Sama seperti mata, ternyata kulit leher juga lebih tipis dan juga sensitif. Tak heran ya kalau kadang-kadang timbul jerawat di leher. Dan tahukah Anda bahwa jerawat di leher ternyata berhubungan dengan stres? Karena itu jika sudah muncul jerawat di leher, ini artinya badan sudah mengeluarkan sinyal bahwa ada yang tak seimbang di tubuh Anda.

Nah, fakta mana yang baru Anda ketahui? Semoga informasi ini berguna ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi