Terbit: 21 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagai orang tua, ibu bertugas mengandung, melahirkan dan menyusui anaknya. Namun bukan hanya ibu yang memiliki kedekatan pada bayinya. Peran ayah juga penting dalam perkembangan anak. Ayah yang ikut aktif mengasuh bayi dapat memengaruhi kesuksesan anak di masa depan, kehidupan sosial hingga nilai akademik di sekolah. Anak yang dekat dengan ayahnya juga cenderung memiliki emosi yang lebih stabil.

Yang Bisa Dilakukan Ayah Untuk Merawat dan Mengasuh Bayi

Untuk dapat membangun hubungan dengan anak, ayah harus ikut aktif menjalankan perannya sebagai ayah. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ayah antara lain:

1. Habiskan waktu bersama anak di waktu malam
Jika pagi hingga sore hari waktu ayah banyak dihabiskan untuk bekerja, maka jadikan malam sebagai waktu bersama keluarga, juga untuk anak. Anda dapat mengajak anak bermain sementara ibu istirahat, atau jika malam hari anak terbangun ayah bisa meminumkan ASIP atau membuatkan susu untuk anak. Hal sederhana seperti ini dapat membantu hubungan ayah dan anak semakin dekat.

2. Mengganti popok anak
Kegiatan mengganti popok anak umumnya dianggap sebagai kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh ibunya. Padahal kegiatan ini juga baik dilakukan oleh ayah. Saat mengganti popok, ayah bisa berinteraksi dengan anak seperti bermain cilukba, atau membuat suara-suara lucu bersama anak.

3. Menghentikan tangisan anak
Biasanya para ayah sering tidak tahan mendengar tangisan anak. Banyak ayah yang ketika anaknya menangis segera menyerahkannya pada ibunya untuk disusui agar segera diam. Sebaiknya ayah juga belajar cara menghentikan tangisan anak. Ketahui sebab-sebab anak menangis dan cara menenangkannya. Ayah juga bisa menimang dan menggendong bayi hingga memberikan dot bayi untuk membuat tangisan anak berhenti.

4. Membacakan cerita dan memandikan anak

Kebanyakan para ayah masih takut memandikan bayi saat ia masih berusia beberapa hari. Namun saat berusia beberapa minggu atau beberapa bulan, ayah bisa memandikan anak sebelum berangkat bekerja. Saat malam hari, ayah bisa membacakan cerita untuk anak sebagai pengantar tidur. Anak akan mengenali suara ayah sehingga ikut membantu membantuk kedekatan antara ayah dan anak.

5. Ikut terjaga saat anak sakit di malam hari
Saat anak sakit biasanya akan lebih sering rewel di malam hari. Ayah bisa bergantian dengan ibu untuk menggendong dan menidurkan bayi atau meminumkan obat. Jika perlu, ayah ikut mengambil cuti demi menemani anak ke dokter dan menemaninya istirahat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi