Alasan Mengapa Wortel Baik untuk Rambut Anda

Doktersehat-manfaat-jus-wortel
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Bicara soal wortel, Anda tentu akan langsung memikirkan tentang kesehatan mata. Hal ini lantaran adanya kandungan vitamin A pada wortel yang dapat menjaga kesehatan organ penglihatan Anda. Namun siapa sangka jika sayuran satu ini juga mampu menjaga kesehatan rambut secara alami. Tidak tanggung-tanggung, wortel memberikan sejumlah manfaat seperti:

1. Menjaga Kelembapan Kulit Kepala

Dilansir dari laman kesehatan milik Livestrong, wortel yang diolah menjadi minyak esensial ternyata berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit kepala. Apalagi, minyak wortel juga mengandung vitamin yang akan menutrisi kulit kepala dan akar rambut secara optimal. Penggunaan minyak wortel secara rutin akan menghindarkan Anda dari sejumlah masalah seperti ketombe atau pun psoriasis.

2. Melindungi Rambut dari Sinar UV

Sebagai tambahan informasi, minyak wortel ternyata juga dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri merupakan bahan aktif yang melindungi rambut dan kulit kepala dari radikal bebas sinar UV. Apalagi sinar UV mampu menjadikan rambut tampak lebih merah, mudah patah dan rontok. Tidak heran jika penggunaan minyak wortel akan menghindarkan Anda dari masalah serupa.

3. Merangsang Pembentukan Sel Baru

Kandungan vitamin A pada minyak wortel juga dapat menstimulasi pembentukan sel kulit kepala dan rambut yang lebih baru. Biasanya, proses regenerasi sel-sel kulit dan rambut justru akan menjadikan kulit kepala dan rambut lebih sehat. Bahkan, rambut akan tampak lebih berkilau dan terasa lebih lembut.

Nah, siapa yang akan menyangka jika wortel ternyata juga memiliki khasiat untuk merawat kesehatan rambut Anda. Kendati demikian, agar hasilnya lebih optimal jangan sampai lupa untuk menggunakannya secara rutin.