Patut Dicoba, Ini 3 Jenis Whole Grain Super Sehat Untuk Sarapan

doktersehat-oatmeal-topping
Photo Credit: Flickr.com/oksiana

DokterSehat.Com– Apa menu sarapan yang biasa Anda konsumsi? Biasanya, menu makanan saat sarapan adalah menu makanan yang praktis, namun tetap mampu memenuhi kebutuhan gizi tubuh saat awal hari.

Salah satu menu makanan yang cukup terkenal dan khas dikonsumsi di pagi hari adalah berbagai olahan yang berbahan dasar whole grain.

Whole grain cukup terkenal dengan sajian makanan yang bergizi lengkap, praktis dan super sehat. Hal ini membuat whole grain bisa jadi salah satu alternatif utama sarapan yang super sehat.

Lantas apa saja sih pilihan jenis whole grain yang bisa kita konsumsi saat sarapan? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Alasan mengapa whole grain perlu diutamakan saat sarapan

Whole grain merupakan bahan makanan sumber karbohidrat yang banyak mengandung zat gizi unggul, dibandingkan dengan grain biasa atau makanan berkarbohidrat lainnya yang umum dikonsumsi saat sarapan.

doktersehat oatmeal
photo credit: Pexels

Beberapa kandungan unggulan yang ada pada whole grain adalah:

  • Sumber karbohidrat yang tinggi
    Sebagai sumber karbohidrat, whole grain menjadi salah satu alternatif makanan pokok yang super sehat. Kandungan karbohidrat yang ada pada whole grain tidak kalah dengan karbohidrat yang ada pada sumber makanan pokok yang umum dikonsumsi misalnya nasi, kentang atau beras merah. Hal ini membuat whole grain bisa menjadi sumber energi untuk mengawali hari yang cukup baik.
  • Merupakan sumber serat yang baik
    Keunggulan utama yang ada pada whole grain adalah kandungan serat yang masih utuh dan jenis serat yang lengkap. Hal ini membuat whole grain menjadi sumber karbohidrat yang juga mampu mensuplai serat dalam tubuh. Whole grain mampu mendukung asupan serat yang baik untuk membantu pemenuhan kebutuhan serat harian.
  • Kandungan vitamin dan mineral yang masih utuh
    British Dieititian Association menyebutkan bahwa whole grain memiliki kandugan zat gizi lebih dari 50% lebih baik dari grain biasa. Hal ini disebabkan kandungan vitamin dan mineral pada whole grain yang masih terjaga dan bisa diasup maksimal oleh tubuh.

Kombinasi kandungan yang ada pada whole grain tersebut sangat penting untuk sarapan karena mampu:

  • Memberikan asupan energi awal hari yang sehat dan seimbang
  • Menjaga kadar gula darah lebih terkontrol
  • Menekan rasa lapar karena kandungan serat yang tinggi

Lantas, apa saja jenis whole grain yang bisa kita konsumsi saat sarapan?

Beberapa jenis whole grain yang bisa kita konsumsi saat sarapan adalah:

1. Sereal

Sereal merupakan salah satu produk olahan gandum yang cocok untuk sarapan.

doktersehat-sereal-gula-susuSereal praktis dan cocok dikombinasikan dengan susu yang tinggi protein, sehingga kebutuhan karbohidrat dan protein saat sarapan bisa terpenuhi. Utamakan memilih sereal yang terbuat dari gandum utuh dan hindari memilih sereal dengan kandungan gula yang tinggi.

2. Roti gandum

Bosan sarapan dengan sereal? Anda bisa memilih roti gandum utuh sebagai salah satu alternatif whole grain yang tetap praktis untuk sarapan.

Roti-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Alan Levine

Roti gandum utuh bisa Anda konsumsi dengan irisan telur rebus, keju rendah lemak dan sayuran agar menu sarapan Anda bisa beragam dan seimbang.

3. Oatmeal

Mirip dengan sereal, oatmeal tentu menjadi sumber whole grain yang sangat cocok sebagai menu sarapan.

Anda bisa menambahkan susu dan potongan buah segar atau kacang-kacangan sebagai toping oatmeal. Tentu menu ini super sehat, karena asupan jenis makanan yang beragam dan tetap bergizi seimbang, bukan?

Nah, itu tiga jenis whole grain yang cocok untuk sarapan. Jadi, mana jenis whole grain yang Anda pilih untuk sarapan kali ini?