Waspadai Sembelit yang Berulang-ulang, Bisa Jadi Gejala Gonore

doktersehat-sakit-perut-wanita-mens-menstruasi-datang-bulan-stomachache-tipes-tifus

DokterSehat.Com – Gonore adalah salah satu penyakit menular seksual yang mudah menyebar dari satu orang ke orang lain. Penyebarannya bisa berjalan dengan seks baik itu vaginal, anal, dan oral. Begitu virus masuk, tubuh akan langsung terkena infeksi dan perlahan-lahan menunjukkan gejala khas gonore.

Sayangnya, tidak semau gonore bisa terlihat dengan jelas. Beberapa gejala dari gonore mirip sekali dengan penyakit umum seperti sembelit. Kalau Anda menyadari, sembelit akan dianggap sebagai gejala wajar karena tidak makan serat. Padahal, sembelit juga merupakan gejala gonore.

Mengenal gejala umum gonore

Gejala gonore pada pria dan wanita cukup berbeda, secara umum, gejala dari gonore meliputi:

  • Keluarnya cairan asing dari uretra. Cairan ini mirip sekali dengan nanah berwarna putih, kuning, dan kehijau-hijauan.
  • Pria dan wanita akan sering buang air kecil. Pada pria, area testisnya terasa sakit saat dipegang dan muncul pembengkakan kecil.
  • Saat menelan, pria dan wanita sering mengalami kesulitan karena ada pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Anus sering rasakan sakit dan gatal serta muncul darah saat BAB.
  • Pada wanita, vagina juga kerap merasakan sakit saat berhubungan badan. Rasa sakit juga disertai dengan perdarahan.

Gonore dan sembelit

Pria yang memiliki risiko penularan gonore dari anus sering mengalami sembelit yang disertai dengan rasa sakit. Virus yang menular melalu hubungan seks secara anal akan membuat area di sekitar anus jadi membengkak dan mirip sekali dengan wasir yang berbahaya.

Infeksi yang terjadi pada anus menyebabkan rasa gatal parah dan dilanjutnya dengan perdarahan. Kalau kondisi ini tidak segera ditanggulangi, pria bisanya mengalami sembelit berkali-kali dan setiap BAB akan mengeluarkan darah.

Kalau Anda memiliki risiko penularan gonore dari seks anal, sembelit harus diwaspadai. Namun, kalau tidak memiliki risiko, sembelit juga harus diwaspadai karena bisa saja tubuh alami gangguan lain.