Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjadi pintar dan banyak tahu, tidak ada salahnya. Paling tidak untuk hal-hal yang dekat dengan dunia wanita. Misalnya, kandungan lipstik. Salah satu “alat tempur” kecantikan wanita ini adalah yang selama ini sering Anda gunakan sehari-hari, bukan? Maka tidak ada salahnya untuk cari tahu dan tahu mengenai lipstik.

Waspadai Kandungan Lipstik yang Berbahaya Ini

Photo Credit: Flickr.com/ Open Grid Scheduler

Melihat bibir cantik merah merona, siapa yang tidak suka. Namun, penggunaannya juga perlu bijak ya, ladies! Ada kandungan-kandungan dalam lipstik yang bisa berbahaya. Seperti yang dilansir dari harpersbazaar.com berikut ini.

1. Methylparaben

Methylparaben merupakan salah satu jenis pengawet yang banyak digunakan oleh produk-produk kosmetik. Terkait dengan bahayanya, penggunaan methylparaben ini bahkan dibatas di Negara Uni Eropa. Sebab, pengawet ini dapat menyebabkan kanker serta mengganggu system endokrin. Bahkan, methylparaben masuk dalam daftar kandungan berbahaya tinggi.

2. Propylparaben

Bagi Anda yang alergi, kandungan pengawet dalam lipstik yang satu ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata. Masih dari harpersbazaar.com, para peneliti bahkan khawatir dengan efek samping dari propylparaben yang dapat menyebabkan gangguan pada system endokrin, dan efek racun lainnya. Di bawah methylparaben, propylparaben dikategorikan sebagai kandungan berbahaya sedang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Retinyl Palmitate

Kandungan lipstik lainnya yang bisa membahayakan kesehatan adalah retinyl palmitate yang merupakan bentuk sintetis dari Vitamin A. Oleh Cosmetic Database, dilansir dari harperzbazaar.com, kandungan ini masuk dalam kategori berbahaya sedang. Penggunaan zat ini secara berlebih dapat menyebabkan kanker hingga masalah reproduksi.

3. Pewarna

Pewarna dalam lipstik, seperti D&C Red 36 masuk dalam kategori bahaya rendah, sementara pewarna D&C Red 22 Aluminium Lake masuk dalam kategori bahaya sedang. Sedihnya, zat pewarna ini biasa diujikan pada hewan. Selain itu, mereka juga dapat mengganggu system saraf dan masalah kesehatan lain.

4. Tocopheryl Acetate

Kandungan ini merupakan jenis Vitamin E asetat yang banyak digunakan pada berbagai produk, salah satunya lipstik serta pelembap. Ia masuk dalam kategori bahaya sedang. Zat yang satu ini dapat mengakibatkan pemakainya gatal-gatal, kulit melepuh, kulit bersisik, terasa seperti terbakar, bahkan beracun.

Ke empat kandungan lipstik di atas, sungguh mengerikan bahayanya. Anda bisa bijak dengan mulai mengurangi penggunaan lipstik, dengan cara jangan terlalu sering mengaplikasikannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi