Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sering makan di restoran? Makanan di restoran memang enak dan disajikan dengan perpaduan yang sempurna. Namun hati-hati lo, ada cukup banyak makanan ala restoran yang sering kita konsumsi namun ternyata tidak sehat.

Dietitian
dari WebMD, Kathleen Zelman menyebutkan ada beberapa makanan restoran yang sebaiknya tidak kita pilih sebagai menu makanan. Hal ini umumnya disebabkan kandungan kalori, lemak, gula atau garam yang tinggi dalam satu porsi saji makanan tersebut.

Waspadai! Ini 3 Menu Makanan Restoran yang Tidak Sehat

Makanan restoran yang sebaiknya tidak dipilih saat berada di restoran adalah:

1. Kentang goreng ukuran besar

Apakah Anda sering memesan kentang goreng? Kentang goreng menjadi makanan yang sangat digemari banyak orang. Hal ini yang menyebabkan banyak restoran yang menyediakan kentang goreng dalam ukuran besar. Namun sebaiknya, kita mengonsumsi kentang goreng dalam porsi yang sesuai kebutuhan saja ya, mengingat kentang goreng, utamanya dalam porsi besar memiliki kandungan kalori, lemak, dari minyak dan saus untuk cocolan, serta garam yang tinggi.

2. Pizza utuh untuk porsi per-orangan

Kini pizza yang disajikan dalam bentuk lingkaran utuh namun ukuran yang lebih kecil, menjadi menu andalan restoran pizza. Namun meskipun pizza tersebut di klaim sebagai porsi untuk perorangan, asupan kalori satu porsi pizza tersebut cukup tinggi, utamanya jika topping yang dipilih adalah makanan hewani tinggi lemak yang diproses, misalnya sosis. Selain itu penggunaan keju biasa yang tidak rendah lemak juga meningkatkan asupan kalori.

3. Nasi goreng

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Kita tentu pernah ya memesan nasi goreng saat berada di restoran. Penggunaan minyak pada nasi goreng termasuk cukup tinggi. Selain itu porsi nasi goreng di restoran umumnya cukup besar untuk satu kali makan. Maka dari itu agar asupan kalori tidak berlebihan, penggunaan sayur dalam jumlah banyak pada nasi goreng sangat dianjurkan. Selain itu, usahakan mengonsumsi nasi goreng sesuai porsi dan kebutuhan tubuh kita biasanya.

Nah, itu dia tiga menu makanan yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan diatas tentu boleh-boleh saja, namun selalu perhatikan porsinya agar sesuai kebutuhan tubuh kita, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi