DokterSehat.Com – Saat sedang puasa, tubuh akan mengalami kekurangan energi saat siang hari. Perut yang kosong membuat kita jadi lemas dan daya tahan tubuh sedikit anjlok. Kondisi ini akan semakin buruk saat kita semua tertular penyakit tertentu yang sering muncul saat puasa dan musim kemarau.

doktersehat penyakit saat puasa

Kalau tubuh sedang drop dan sakit, aktivitas ibadah puasa akan terganggu perlahan-lahan. Bahkan, kalau sudah parah Anda tidak akan bisa puasa karena membutuhkan penyembuhan.

Nah, untuk mencegah penularan penyakit dan membuat tubuh selalu sehat dari awal hingga akhir, kenali jenis penyakit yang sering muncul saat puasa. Selanjutnya pelajari bagaimana penyakit ini bisa dicegah dan diatasi dengan cepat.

Penyakit yang mewabah saat puasa

Saat sedang puasa, beberapa penyakit di bawah ini sering muncul dan menyebar dengan sangat cepat.

  1. Infeksi saluran pernapasan atas

Puasa tahun ini jatuh pada musim kemarau meski beberapa daerah sempat diguyur hujan menjelang sore hari. Saat musim kemarau udara yang kotor dan kering akan mudah menyebarkan beberapa penyakit pernapasan seperti batuk, pilek, radang di tenggorokan, dan gangguan lainnya.

Selanjutnya saat sedang puasa kita juga sering minum sesuatu yang dingin. Kondisi ini bisa memicu virus atau bakteri penyebab penyakit berkembang lebih cepat.

  1. Tipus

Saat musim panas, angin yang membawa bibit penyakit akan mudah mengenai makanan. Apalagi saat akan berbuka kita sering pergi ke pasar takjil untuk membeli beberapa makanan. Kalau Anda salah makan saat berbuka bisa saja ada bakteri jenis salmonela yang menyebabkan penyakit tipus.

  1. Diare

Kasusnya hampir sama dengan penyakit tipus di atas. Karena kita tidak membeli makanan yang dibungkus, akhirnya banyak bakteri yang masuk. Belum lagi kalau makanannya sampai banyak dihinggapi oleh lalat, akan lebih berisiko terkena diare.

Lebih lanjut, saat puasa kita juga sering memakan apa saja dengan sembarangan. Karena sering kalap mata, aneka makanan dibeli karena bisa saja memberi dampak negatif pada tubuh. Diare bisa saja terjadi karena Anda terlalu banyak makan sehingga tubuh keracunan.

  1. Heartstroke

Puasa tahun ini jatuh pada musim kemarau yang saat siang hari akan sangat panas. Kalau Anda berada di luar ruangan, usahakan menggunakan topi atau tidak terlalu lama di bawah paparan matahari. Terlalu lama terkena panas bisa menyebabkan Anda terkena heartstroke yang bisa menyebabkan tubuh jadi lemas, muntah, sakit kepala berat, kulit memerah, detak jantung tidak teratur, dan napas tidak teratur.

Cara menjaga kesehatan tubuh saat puasa

Agar empat hal di atas tidak terjadi selama bulan puasa, jagalah kesehatan tubuh dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Saat berada di luar ruangan hendaknya selalu menggunakan masker. Masker akan membuat tubuh terhindar dari berbagai virus dan bakteri berbahaya yang terbawa oleh angin. Selalu cuci tangan saat akan berbuka puasa karena bisa saja virus penyebab ISPA menempel di tangan.
  • Usahakan untuk memasak makanan sendiri kalau ada waktu. Jika tidak, beli di tempat yang higienis dan tidak ada tanda-tanda ada lalat. Membeli makanan untuk berbuka di sembarangan tempat bisa membuat Anda mudah sekali mengalami diare dan juga tipus.
  • Selanjutnya selalu jaga suhu tubuh untuk tetap normal. Kalau sering berada di luar jangan menggunakan pakaian hitam atau gelap. Kalau sudah mulai lelah coba istirahat dan cari tempat yang teduh.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan kita selalu sehat saat puasa dari awal hingga saat Idulfitri tiba.