Waspada, Usus Ternyata Bisa Lengket Lho! Begini Gejalanya

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

DokterSehat.Com– Jangan salah, di dalam dunia medis ternyata mengenal masalah usus lengket lho. Gejala dari masalah kesehatan ini adalah sensasi perut yang tidak nyaman, sakit perut yang kerap muncul usa makan, dan susah buang air besar. Sebenarnya, apa sih penyebab dari masalah usus lengket ini?

Dilansir dari Health Detik, pakar kesehatan Dr. Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes yang berasal dari RS Premier Bintaro menyebutkan bahwa masalah usus lengket sebagai lanjutan dari pecahnya usus buntu, masalah kesehatan dengan gejala nyeri perut pada bagian kanan. Kaum hawa yang mengalami masalah endometriosis atau penyakit kandungan juga bisa mengalami usus lengket dengan gejala nyeri atau tidak nyaman pada perut bagian tengah bawah.

Meskipun terlihat mengerikan, usus lengket bukan berarti membuat makanan yang kita cerna tidak mampu melewati usus. Kondisi ini menyebabkan pergerakan makanan di dalam usus yang sebelumnya lancar-lancar saja kemudian harus menempuh perjalanan yang lebih jauh karena ada usus yang tertarik dan menempel. Tak hanya itu, tatkala usus tertarik, akan muncul rasa nyeri, khususnya yang terjadi setelah makan dalam jumlah yang banyak.

Beruntung, masalah usus lengket ini tidak disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu, melainkan karena infeksi sebagai efek samping dari operasi usus buntu atau operasi di bagian usus lainnya. Selain itu, adanya kecelakaan atau kasus lain yang memicu luka pada usus juga dan penyakit TBC usus juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Jika dokter mendiagnosis seseorang terkena masalah perlengketan usus ringan, biasanya pakar kesehatan akan memberikan obat pencahar, pemijatan pada area perut, fisoterapi, latihan otot perut, dan berbagai hal lain. Untuk mengatasi masalah ini, penderita masalah usus lengket sebaiknya beristirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang, dan memastikan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna sekaligus menghindari makanan pedas, berlemak, dan memiliki kandungan pengawet. Hindari makanan dengan porsi yang banyak terlebih dahulu, minuman beralkohol serta kebiasaan merokok.

Sobat sehat pernah mengalami gejala usus lengket ini, tidak? Kalau iya, segera periksakan ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat