Terbit: 7 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada berbagai keluhan yang bisa dirasakan ibu saat hamil. Nyeri punggung, badan pegal-pegal, hingga salah satunya yang sering terjadi adalah sakit kepala. Jika Anda mengalami sakit kepala yang tidak kunjung mereda, sebaiknya jangan dianggap remeh dan hindari mengonsumsi obat sakit kepala sembarangan karena dapat membahayakan ibu dan janin.

Waspada Sakit Kepala Saat Hamil

Mengenal sakit kepala saat hamil

Sakit kepala saat hamil merupakan salah satu keluhan yang wajar dialami oleh para ibu. Umumnya sakit kepala ini akan mereda setelah enam bulan kehamilan atau ketika hormon sudah mulai stabil.

Belum diketahui penyebab sakit kepala yang sering dialami saat hamill, namun para ahli menduga hal ini disebabkan oleh meningkatnya aliran darah ke kepala pada saat hamil. Jika sakit kepala tergolong ringan, Anda mungkin tidak akan diberi obat atau penanganan khusus. Namun jika sakit kepala terjadi terus-menerus, diiringi penglihatan yang kabur atau penglihatan berbayang-bayang, hal ini bisa jadi gejala preeklamsia.

Untuk mengetahui gejala preeklamsia, dokter perlu melakukam pemeriksaan lebih lanjut. Beberapa gejala preeklamsia di antarany tekanan darah tinggi, mengalami bengkak di beberapa bagian kaki atau tangan, serta ditemukan kadar protein tinggi di urin.

Tips meredakan sakit kepala saat hamil

Jika sakit kepala mulai menyerang, hentikan dulu aktivitas Anda dan istirahatlah. Berbaringlah di tempat tidur dengan kondisi ruangan yang gelap dan tenang. Ciptakan suasana rileks, agar Anda dapat beristirahat dengan baik.

Anda juga bsia memijat kepala untuk meredakan nyeri. Pijatan di bagian pundak dan leher juga dapat mengurangi ketegangan yang Anda rasakan. Tambahkan kompres di bagian wajah, mata dan kening dengan kompres air hangat. Selain itu, perbanyak minum air putih untuk membuat Anda merasa nyaman.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi