Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rumah adalah tempat paling yang paling nyaman bagi keluarga. Untuk membuatnya menjadi tempat yang aman dan nyaman, Anda perlu meminimalisir risiko cedera yang mungkin terjadi di rumah. Jika tidak diperhatikan dengan baik, anak juga dapat mengalami cedera di rumah.

Waspada, Rumah Dapat Menjadi Penyebab Cedera Anak-Anak!

Beberapa risiko kecelakaan yang perlu dihindari di rumah

1. Penataan kabel

Penataan kabel perlu diperhatikan dengan baik. Kabel yang dibiarkan tanpa penutup atau pelindung dapat berisiko terkelupas dan menimbulkan kebakaran. Selain itu kabel yang terbuka juga dapat membuat anak tersetrum. Pastikan kabel tidak melintang di lantai karena dapat memicu cedera.

2. Tirai atau gorden

Tirai atau gorden adalah salah satu peralatan di rumah yang kerap dijadikan mainan untuk anak. Kadang anak senang mainan gorden untuk tempat bersembunyi atau sekedar ditarik-tarik dan dililitkan pada badan. Cara ini dapat menimbulkan risiko terlilit terlalu kencang sehingga tercekik atau risiko terjatuh.

3. Stop kontak yang tidak aman

Stop kontak atau terminal listrik yang dibiarkan terbuka juga bisa jadi pemicu bahaya. Sebaiknya hindari stop kontak yang terbuka dari jangkauan anak-anak dengan memberi penutup stop kontak. Selain mencegah risiko tersetrum, memberi penutup stop kontak dan selalu mencabut kabel yang tidak terpakai merupakan salah satu cara untuk hidup hemat listrik.

4. Tidak membersihkan AC secara rutin

Bersihkan AC di rumah Anda setiap 2-3 bulan sekali untuk mencegah anak-anak mengalami alergi dan untuk menjaga sirkulasi udara yang ada di rumah. AC yang kotor dapat memicu alergi dan beberapa gangguan pernapasan terutama pada anak-anak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

5. Letakkan keset antilicin di kamar mandi

Untuk menghindari anak dan orang tua terjatuh di kamar mandi, Anda bisa menambahkan keset antilicin di area shower dan toilet. Jangan lupa bersihkan keset secara rutin agar lebih higienis.

6. Benda-benda tajam dan berbahaya

Anda bisa menyimpan peralatan dapur seperti pisau daging dan peralatan tajam lainnya di rak yang tidak terjangkau oleh anak kecil. Selain itu peralatan seperti korek atau pisau lipat bisa Anda simpan dalam lemari atau laci yang terkunci.

Bagaimana Mom, apakah rumah Anda cukup aman untuk anak-anak?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi