Waspada Panas Dalam di Bulan Puasa

doktersehat-sakit-paru-dada-jantung-1024

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang bisa mengganggu kelancaran ibadah puasa kita adalah panas dalam. Bagaimana tidak, perut dan tenggorokan bisa menjadi tidak nyaman sehingga kita pun tidak akan benar-benar bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa panas dalam bisa terjadi karena penurunan sistem kekebalan tubuh. Gejala dari masalah kesehatan ini juga bisa disertai dengan sensasi tidak enak badan, flu, hingga pilek. Yang menjadi masalah adalah, kondisi badan yang sedang tidak karuan ini akan membuat kita sangat tidak nyaman mengingat selama belasan jam kita tidak bisa mengonsumsi makanan dan minuman apapun.

Ada banyak sekali penyebab dari panas dalam, namun, pemicunya biasanya adalah perubahan cuaca yang ekstrem sehingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan kemasan, makanan beku, minuman botolan, mie instan, hingga makanan dengan kandungan MSG juga bisa menyebabkan masalah kesehatan ini.

Melihat adanya fakta ini, selalu perhatikan apa yang kita konsumsi saat bulan puasa. Pastikan untuk selalu memilih makanan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang. Selain itu, rajin-rajinlah minum vitamin C dan memastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih. Pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk menghindari minuman berkafein atau minuman bersoda saat bulan puasa.

Dengan tubuh yang jauh lebih nyaman, ibadah akan bisa dilangsungkan dengan lancar dan kita pun tetap bisa melakukan aktivitas harian tanpa mengalami masalah apapun.