Waspada, Obesitas Ternyata Bisa Menular!

DokterSehat.Com– Obesitas atau masalah berat badan adalah salah satu penyakit yang kerap dialami oleh masyarakat modern. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup masyarakat yang semakin tidak sehat. Tak hanya mengkonsumsi makanan dengan sembarangan, kita juga cenderung semakin malas untuk berolahraga dan kurang tidur. Hal inilah yang akhirnya bisa memicu kenaikan berat badan dengan signifikan.

Yang menjadi masalah adalah, sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul JAMA Pediatrics menghasilan fakta bahwa di negara adidaya tersebut, obesitas digolongkan sebagai wabah yang bsia menular. Kok bisa?

Dari 1.519 keluarga militer yang diambil datanya oleh Ashlesha Datar, Ph.D dan para ekonom dari RAND Corporation, disebutkan bahwa keluarga yang berada di lingkungan yang memiliki tingkat obesitas tinggi juga cenderung mengalami kenaikan berat badan dengan signifikan. Hal yang sebaliknya terjadi pada para keluarga yang tinggal di lingkungan yang jarang ditemukan orang dengan masalah obesitas.

Para keluarga yang tinggal di lingkungan dengan rasio obesitas tinggi cenderung ikut-ikutan malas melakukan aktifitas fisik. Selain itu, karena kerap bersosialisasi dengan orang-orang yang mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food, mereka juga menjadi ikut-ikutan mengkonsumsinya. Hal inilah yang akhirnya membuat para keluarga ini akhirnya juga rentan terkena masalah kesehatan yang sama.

Penelitian yang sejenis namun dilakukan pada keluarga sipil, bukannya keluarga militer, ternyata juga memberikan hasil yang sama. Ashlesha pun menyimpulkan bahwa obesitas memang bisa menular, apalagi jika kita tinggal di lingkungan yang terbiasa melakukan gaya hidup yang tidak sehat.

Jika di lingkungan tempat kita tinggal ada banyak orang yang kegemukan, ada baiknya kita lebih waspada dengan masalah kesehatan ini dan harus benar-benar menjaga gaya hidup sehat agar tidak ikut-ikutan mengalami kenaikan berat badan.