Terbit: 4 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kulit bayi umumnya masih sangat sensitif hingga ia berusia 6 bulan. Sejak baru lahir sampai usia tersbeut umumnya bayi mengalami beberapa masalah kulit seperti kulit kering, iritasi, dan munculnya bintik-bintik merah. Meskipun umum terjadi, namun kadang bintik merah merupakan gejala suatu penyakit, karena itu pastikan Anda mendapat diagnosis yang benar terhadap gejala tersebut.

Waspada Munculnya Bintik Merah Pada Bayi

Beberapa kondisi munculnya bintik merah yang umum pada bayi antara lain adalah biang keringat, ruam popok dan jerawat bayi. Biang keringat terjadi akibat keringat terjebak di bawah kulit karena pori-pori bayi masih sangat kecil. Biang keringat umumnya terjadi pada cuaca yang panas dan muncul di sekitar leher, ketiak, dada, lipatan siku dan lipatan paha.

Sedangkan ruam popok umumnya terjadi akibat iritasi kulit karena kontak kulit yang terlalu lama terkena urine dan tinja. Ruam popok terjadi di sekitar pantat bayi atau daerah yang tertutupi popok. Jaga kebersihan daerah yang tertutupi popok dan sering-seringlah mengganti popok jika popok terlihat penuh.

Umumnya bintik merah pada bayi memang tidak berbahaya, namun jika bintik merah berkembang menjadi benjolan beirsi cairan buram kekuningan atau bintik merah berubah menjadi keunguan, maka Anda perlu waspada karena bisa jadi tanda suatu penyakit yang serius.

Beberapa kondisi serius penyebab munculnya bintik merah pada kulit bayi antara lain:
1. Cacar air
Dilansir dari babycenter, cacar air merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh balita. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan ditandai dengan bintik merah seperti gigitan nyamuk. Bintik merah aka nsegera berubah menjadi cairan dan terasa sangat gatal. Umumnya gejala ini disertai demam dan bintik menyebar di seluruh tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Penyakit kelima atau fifth disease
Penyakit ini disebabkan oleh virus yang gejal awalnya ditandai dengan demam, kemudian bintik merah akan semakin memerah. Umumnya bintik ini muncul di sekitar pipi dan pucat di sekitar mulut. Ruam merah dapat menyebar ke seluruh tubuh hingga telapak tangan dan kaki.

3. Meningitis
Jika bintik merah berubah menjadi keunguan, Anda perlu waspada apakah anak Anda menderita meningitis. Gejala lainnya adalah demam, kulit pucat, muntah dan bayi rewel. Gejala ini disebabkan oleh infeksi saraf tulang belakang oleh virus dan bakteri. Segera periksakan jika anak Anda mengalami gejala tersebut.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi