Waspada, Inilah Tanda-Tanda Anda Terkena Penyakit Anorexia Nervosa

anorexia-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Sebagian besar wanita yang terobsesi memiliki bentuk tubuh yang langsing akan melakukan segala macam cara untuk mendapatkannya. Salah satunya adalah dengan cara diet. Tak sedikit pula dari mereka yang nekat melakukan diet ketat yang justru berdampak buruk bagi kesehatan. Diet yang salah dan obsesi atau keinginan memiliki tubuh langsing yang berlebihan, juga dapat menimbulkan masalah yang tak lazim seperti penyakit Anorexia Nervosa.

Photo Credit : pexels.com

Anorexia Nervosa merupakan suatu penyakit yang menyebabkan penderitanya tidak memiliki hasrat untuk melakukan apapun. Yang dimaksud dengan hasrat di sini adalah mereka tidak memiliki hasrat untuk makan karena takut berat badan mereka akan naik. Penderita Anorexia lebih memilih untuk membiarkan diri mereka merasa lapar agar tetap terlihat kurus hingga menyebabkan timbulnya resiko berbahaya bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa tanda penyakit Anorexia Nervosa yang wajib untuk Anda ketahui.

  • Takut Menjadi Gemuk

Ketakutan ini memang lumrah terjadi pada wanita yang tidak ingin memiliki tubuh gemuk. Namun, berbeda dengan penderita anorexia, mereka akan mengalami ketakutan menjadi gemuk yang berlebih padahal berat badan mereka masih ideal dan masih nampak kurus.

  • Muntah dengan Sengaja

Karena ketakutan yang berlebih untuk menjadi gemuk, maka mereka akan merangsang tubuh agar muntah. Hal ini sama dengan penderita penyakit Bullimia Nervosa. Tetapi, bedanya adalah jiak penderita Bullimia Nervosa masih bisa makan, sedangkan penderita anorexia sama sekali tidak memiliki hasrat untuk makan, sehingga tubuh mereka akan menjadi sangat kurus.

  • Haid tidak Lancar

Penderita Anorexia Nervosa juga akan mengalami siklus haid yang tidak lancar. Hal tersebut terjadi karena pola makan dan penyakit yang menimpa mental mereka, sehingga siklus haid yang datang hanya satu kali dalam tiga bulan. Jadi mereka bisa melewatkan masa period selama dua hingga tiga bulan.

  • Mengonsumsi Obat Penahan Lapar

Menjaga tubuh agar tetap ideal, penderita Anorexia Nervosa akan melakukan hal yang tak lazim, seperti mengonsumsi obat penahan lapar dan penghilang nafsu makan. Mereka juga bisa merasa lapar, namun karena takut gemuk maka mereka memilih untuk menahan lapar dengan mengonsumsi obat penahan lapar tersebut.