Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Karena kita tinggal di negara dengan iklim yang panas, kita pun cenderung menyukai minuman dingin. Sayangnya, kadangkala minuman dingin yang kita beli di warung-warung ternyata memiliki es batu yang belum tentu bersih atau bahkan matang. Jika kita mengonsumsinya, dikhawatirkan kita bisa mengalami sakit perut atau masalah kesehatan lainnya.

Waspada Es Batu yang Dijual di Warung

Bahkan, meskipun sudah dibuat dengan air matang, banyak es batu yang didistribusikan dengan cara yang tidak higienis. Sebagai contoh, kita tentu pernah melihat pembawa es balok yang dibawa dengan becak, ditutupi dengan kain terpal, dan ditarik dengan ganco atau kait yang terbuat dari logam keras yang juga belum tentu bersih. Bahkan, seringkali es batu ini juga diseret begitu saja di atas lantai kotor. Jika sampai es ini kita konsumsi, risiko untuk terkena penyakit tentu akan meningkat, bukan?

Memang, es batu ini akan dicuci kembali dengan air setelah dipotong-potong, sayangnya, air yang dipakai untuk mencuci ini juga belum matang. Hal ini tentu akan membuat es batu terkontaminasi dengan bakteri yang ada dalam air yang belum matang.

Jika kita ingin membedakan es batu yang terbuat dari yang matang atau yang tidak, kita hanya tinggal mengecek warna es batu tersebut dan kondisi gelembungnya. Biasanya, es batu dari air yang mentah memiliki warna keputihan mirip susu dengan gelembung yang terperangkap di dalamnya. Sementara itu, es batu yang terbuat dari air matang cenderung lebih bening dan memiliki gelembung yang lebih sedikit.

Hanya saja, mengingat minuman dingin yang dibuat di luar rumah memang belum tentu bisa dipastikan kebersihan dan kehigienasannya, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam membelinya dan lebih baik memilih air putih yang kita bawa sendiri dari rumah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi