DokterSehat.Com– Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru, Riau, baru-baru ini merilis informasi tentang adanya produk sarden kalengan yang ternyata positif memiliki kandungan cacing di dalamnya. Sarden tersebut adalah yang bermerek Farmer Jeck, IO, dan Hoki.

pantangan makanan asam urat kolesterol tinggi makanan kaleng

Dikutip dari Jawa Pos, Kepala BPOM Pekanbaru Mohammad Kashuri menyebutkan bahwa dari sampel ketiga produk sarden tersebut, memang ditemukan cacing di dalam ikan kalengan meskipun cacing tersebut bukanlah cacing pita. Namun, tetap saja hal ini dianggap bisa membahayakan kesehatan.

Kasus adanya cacing dalam ikan ini diawali dari laporan masyarakat akan adanya cacing di dalam sarden kalengan yang dijual di Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Setelahnya, laporan lain juga muncul di Kepulauan Meranti. Sejak saat itulah BPOM langsung melakukan pengecekan di lapangan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyebutkan bahwa adanya penemuan ini sebaiknya menjadi dasar masyarakat untuk selalu mengecek makanan kalengan yang mereka beli sebelum mengolahnya menjadi masakan. Pengecekan ini bahkan dilakukan sejak memilih produk makanan ini saat masih dijual di pasar atau swalayan.

Sebagai contoh, pastikan untuk mengecek kondisi kaleng. Jika sudah rusak, penyok, atau bocor, pastikan untuk tidak membelinya. Selain itu, pastikan bahwa makanan ini tidak kadaluwarsa dan memiliki izin edar BPOM serta Diskes. Jika produk sudah memenuhi kriteria tersebut, maka kita bisa membelinya.

Sesampainya di rumah, pastikan untuk mengecek kualitas makanan tersebut saat membukanya. Tak hanya mengecek apakah ada cacing atau benda asing lain di dalam sarden, periksa pula warna dan aromanya. Jika terlihat mulai ada kerusakan atau penurunan kualitas, sebaiknya jangan dikonsumsi.

Saat ini, BPOM Pekanbaru sedang menelusuri siapa distributor dari ketiga produk sarden yang ternyata diimpor dari luar negeri tersebut.

Sobat Sehat suka makan sarden tidak? Tidak ada cacing dalam produk sarden yang akan dimasak kan?