DokterSehat.Com– Ada banyak sekali benda yang bisa kita temukan di meja kerja kantor seperti komputer, buku, nota, dan benda-benda lainnya yang mendukung produktifitas kerja kita sehari-hari. Yang menjadi masalah adalah, ada benda-benda yang kerap kita pakai di kantor namun ternyata memiliki banyak kuman penyebab penyakit. Apa sajakah benda-benda tersebut?

doktersehat-duduk-lama-kantor-kerja-resiko-diabetes

Headset
Headset seringkali dipakai saat kita ingin mendengarkan musik demi menambah semangat untuk bekerja. Selain itu, kita juga akan memakainya saat perlu berkomunikasi dengan orang lain atau klien melalui sambungan internet. Yang menjadi masalah adalah, headset seringkali kita tinggalkan begitu saja di atas meja kantor setelah kita pulang ke rumah. Padahal, bisa jadi headset ini disentuh hewan seperti serangga, tikus, atau bahkan menjadi sarang kuman dan virus penyebab penyakit.

Keyboard
Keyboard komputer yang kerap kita gunakan untuk mengetik ternyata juga memiliki banyak kuman, apalagi jika kita terbiasa mengkonsumsi makanan dan camilan sembari mengetik sehingga tanpa kita sadari, remah-remah makanan ini masuk ke sela-sela keyboard tersebut.

Dispenser dan mesin pembuat kopi
Banyak kantor yang menyediakan dispenser atau mesin pembuat kopi agar para pekerjanya bisa membuat minuman yang bisa menghilangkan kantuk atau menambah semangat saat bekerja. Sayangnya, dispenser dan mesin pembuat kopi ini cenderung jarang dibersihkan sehingga memiliki banyak bakteri, virus, dan kotoran yang bisa saja tercampur bersama dengan minuman yang kita konsumsi.

Spons dapur
Spons pencuci piring di dapur kantor dipakai untuk membersihkan piring, gelas, dan peralatan makan oleh berbagai macam pekerja sehingga membuatnya menjadi sarang bakteri dan virus penyebab penyakit.

Ada baiknya kita sering membersihkan headset, keyboard komputer, dispenser, dan mesin pembuat kopi. Selain itu, sering-seringlah mengganti spons pencuci dapur karena dipakai oleh begitu banyak orang setiap hari. Dengan melakukannya, maka kita bisa menurunkan paparan bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakti dari benda-benda yang ada di kantor.