10 Penyebab Batuk Dahak Berdarah dan Cara Mengobati

doktersehat-batuk

DokterSehat.Com – Dalam bahasa kedokteran batuk dahak berdarah dikenal dengan istilah hemoptisis atau hemoptoe yaitu keluarnya darah atau dahak berdarah dari paru-paru dan tenggorokan (saluran pernapasan) ketika batuk.

Batuk dahak berdarah tidak sama dengan pendarahan dari mulut, kerongkongan (esofagus), atau saluran pencernaan yang biasanya dikeluarkan melalui muntah (harus dibedakan) pada batuk berdarah, darah keluar ketika batuk dan sering terlihat bergelembung seperti busa karena bercampur dengan udara dan lendir.

Penyebab Batuk Berdarah

Berikut beberapa penyakit yang menjadi penyebab batuk dahak berdarah:

1. TBC

Sebanyak 30% kasus batuk berdarah disebabkan oleh penyakit TBC. Gejala penyakit TBC yang parah adalah batuk berdarah karena pecahnya pembuluh darah pada saluran pernapasan.

2. Kanker

Pertumbuhan tak terkendali dari sel kanker di paru-paru dapat merusak jaringan lainnya dalam saluran pernapasan. Hal tersebut dapat menimbulkan darah keluar sehingga terjadi gejala dahak yang berdarah.

3. Batuk disertai flu yang parah

Batuk flu ringan biasanya memiliki gejala batuk dengan dahak yang berwarna hijau bening. Namun apabila tak kunjung sembuh bahkan lebih parah, tidak jarang dahak akan semakin menjadi merah karena batuk yang terlalu sering dan keras hingga pembuluh darah di saluran pernapasan menjadi pecah.

4. Infeksi saluran pencernaan

Darah pada dahak juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan. Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus.

5. Kanker paru-paru (non – sel kecil)

Kanker paru-paru sel non-sel kecil (NSCLC) adalah jenis kanker paru yang paling umum, yang biasanya tumbuh dan menyebar lebih lambat daripada kanker paru-paru sel kecil. Orang-orang dengan NSCLC memiliki tumor di paru-paru mereka dan mungkin menderita batuk, nyeri dada, muntah darah, dan kesulitan bernapas.

Kanker paru-paru sel non-kecil adalah penyakit yang serius, dan untuk menilai prognosis konsultasi dengan seorang onkologis diperlukan.

6. Kanker paru-paru sel kecil

Kanker paru-paru sel kecil (SCLC) adalah jenis kanker paru-paru yang tumbuh cepat. Ini menyebar jauh lebih cepat daripada kanker paru-paru sel non-kecil dan biasanya ditemukan pada perokok dewasa.

7. Emboli paru

Emboli paru adalah penyumbatan tiba-tiba di arteri paru-paru. Ini adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru yang terkena, kadar oksigen yang rendah dalam darah Anda, atau kerusakan pada organ-organ lain di tubuh Anda dari tidak mendapatkan cukup oksigen.

Emboli paru adalah penyakit yang mengancam jiwa. Pemulihan tergantung pada perawatan.

8. Sindrom Goodpasture

Sindrom Goodpasture adalah gangguan autoimun, yang berarti sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Orang dengan sindrom ini mengembangkan zat yang menyerang protein, disebut kolagen di kantung udara kecil di paru-paru dan unit penyaringan (glomeruli) dari ginjal.

Gangguan autoimun jenis ini dianggap ireversibel, tetapi gejala dapat secara efektif diatasi dengan pengobatan.

9. Fibrosis kistik

Fibrosis kistik adalah penyakit yang diwariskan pada lendir dan kelenjar keringat, yang memengaruhi banyak organ, terutama paru-paru. Lendir menyumbat paru-paru, menyebabkan masalah pernapasan dan membuatnya mudah bagi bakteri untuk tumbuh. Ini dapat menyebabkan masalah seperti infeksi paru-paru berulang dan kerusakan paru-paru.

Sementara fibrosis kistik adalah penyakit genetik tanpa obat, banyak terapi yang sangat baik dapat membantu mengelola gejala Anda.

10. Kista bronkogenik

Kista bronkogenik adalah kantung udara abnormal yang tumbuh dari saluran udara normal dan hadir saat lahir. Dapat memperbesar dan menekan jaringan paru-paru di sekitarnya, menyebabkan gejala seperti batuk, kesulitan bernapas, nyeri, dan demam. Masalah ini akan hilang sepenuhnya setelah operasi.

Cara Mengobati Dahak Berdarah

Berikut beberapa cara mengatasi batuk dahak berdarah secara alami:

1. Makan makanan bervitamin

Untuk tindakan pencegahan, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin. Vitamin A, C dan E dapat menjadi kunci untuk mencegah penyakit yang menyebabkan batuk dahak berdarah.

2. Madu

Madu juga dapat mengurangi batuk yang dapat menyebabkan batuk dan dahak berdarah. Selain itu madu juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

3. Kunyit dan kencur

Keduanya adalah obat batuk berdahak yang alami. Caranya adalah dengan merebus kunyit dan kencur dengan air, kemudian meminum air rebusannya 2 kali sehari.

4. Mintalah saran dokter

Yang tidak boleh Anda lupakan jika mengalami batuk dahak berdarah adalah Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Mintalah saran dokter mengenai apa yang harus Anda lakukan, karena pemeriksaan yang intensif adalah cara yang paling tepat untuk menemukan solusi dari penyakit yang Anda derita.