Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kalau Anda sering terbangun dengan rambut yang acak-acakan, kering dan juga susah diatur, mungkin sudah saatnya Anda menaruh curiga pada bantal Anda. Bagaimana Terutama jika bantal Anda menggunakan sarung atau pembungkus bantal dengan bahan katun. Siapa sangka jika pembungku bantal Anda ternyata juga bisa menjadi alasan rambut Anda rusak.

Waspada! Bahan Sarung Bantal Anda Dapat Merusak Rambut

Penyebab rambut selalu berantakan ketika bangun tidur ternyata tak cuma karena sudah waktunya keramas atau salah shampo hingga posisi tidur. Sarung bantal bisa jadi salah satu penyebabnya. Bukan bantalnya sih, namun lebih kepada sarung bantal. Lalu bagaimana ya caranya agar rambut tidak berantakan karena si sarung bantal? Sebelum kita cari tahu apa bahan yang aman untuk rambut, simak dulu penjelasan mengapa bahan katun bisa merusak rambut.

Menurut Jen Atkin dikutip dari Cosmopolitan.com, sarung bantal dengan bahan katun berpotensi menyerap kelembaban yang dimiliki oleh rambut. Sudah tahu dong kalau rambut memiliki minyak alami yang membuatnya lembab dan juga berkilau? Nah, minyak alami ini cenderung terhisap ke kain katun sehingga bisa menyebabkan rambut jadi kering.

Dari sumber yang sama, Jen menyebutkan bahwa jika tidak ingin ini terjadi, Anda bisa mengganti sarung bantal Anda dengan yang berbahan sutra atau satin. Kedua bahan tersebut tidak menyerap minyak alami pada rambut sehingga rambut akan terjaga kelembabannya. Dan lagi, bahan-bahan ini juga akan membuat helaian rambut tetap bebas tanpa gesekan. Walau memang sarung bantal dengan bahan ini memiliki harga yang jauh lebih mahal ketimbang sarung bantal dengan bahan katun biasa. Apakah tidak ada solusi lain?

Ada cara yang bisa Anda gunakan namun ini bisa dilakukan hanya jika Anda memiliki syal dengan bahan satu dari dua tersebut. Caranya sederhana, Anda cukup membungkus rambut dengan syal atau selendang berbahan sutra atau satin (kerudung umumnya ada yang berbahan satin dan tidak terlalu mahal). Dengan membungkus rambut, Anda bisa tetap tidur dengan sarung bantal katun namun tidak bangun dengan rambut berantakan. Mudah dan tidak mahal bukan?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi