DokterSehat.Com– Ambeien merupakan sebuah penyakit atau gangguan pada tubuh manusia pada bagian sekitar anus atau rektum bagian bawah. Ambeien juga sering disebut wasir, berupa pembengkakan yang mengakibatkan rasa tidak nyaman seperti nyeri, gatal, dan sangat menganggu aktivitas sehari-hari.



Ambeien bisa dikarenakan beberapa hal, mulai dari faktor keturunan ataupun pola hidup yang tidak baik. Maka dari itu, ada baiknya Anda menghindari beberapa pola hidup yang bisa menyebabkan ambeien. Sebab, saat Anda sudah mengidap ambeien, maka penangannya cukup sulit. Alangkah baiknya jika Anda mencegah datangnya ambeien sebelum menjadi momok bagi aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah 3 cara mencegah ambeien:

1. Jangan Biasakan Menahan BAB

Mungkin hal ini merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh setiap orang. Menahan BAB adalah sebuah hal yang tidak dianjurkan, khususnya dalam ilmu kesehatan. Sebab, dengan seringnya menahan BAB, maka feses akan mengeris dan menjadi semakin keras. Saat sudah mengeras, maka feses akan sulit dikeluarkan dan membuat otot di sekitaran anus bekerja lebih ekstra. Maka dari itu, segera keluarkan dan jangan ditahan!

2. Jangan Duduk Terlalu Lama

Salah satu faktor yang menyebabkan ambeien adalah gaya hidup yang kurang sehat, misalnya duduk terlalu lama. Memang benar, rutinitas yang menumpuk membuat kebanyakan orang menjadi lupa waktu dan lupa segalana, termasuk kesehatan. Kalau Anda adalah orang yang memiliki aktivitas duduk sehari-hari, ada baiknya Anda sesekali melakukan peregangan otot, misalnya berjalan atau peregangan ringan lainnya. Sebab, saat Anda duduk terlalu lama, maka gumpalan darah akan menumpuk pada daerah sekitar anus sehingga terjadi pembengkakan yang kerap membuat nyeri dan amat sakit.

3. Perbanyak Serat

Salah satu cara paling ampuh untuk mencegah ambeien adalah dengan memperbanyak asupan serat. Pasalnya, dengan serat yang cukup pada tubuh akan memengaruhi bentuk serta tekstur feses. Sehingga  feses akan menjadi lebih lentur dan lebih mudah dikeluarkan. Beda halnya dengan orang yang kurang kebutuhan seratnya, maka feses tidak akan memiliki kelenturan sehingga anus akan lebih susah mengeluarkannya.