Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak sedikit orang yang mempunyai penyakit alergi, baik alergi terhadap makanan, minuman, debu, dan sebagainya. Alergi memang sangat mengganggu, karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada fisik, seperti gatal-gatal, flu, dan masih banyak lainnya.

Waspada, Alergi dan Radang dapat Menyebabkan Gangguan Jiwa

Ternyata, orang yang mengalami alergi tidak hanya mengalami dampak buruk terhadap fisik saja, tetapi juga mental. Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan mengungkapkan beberapa alergi yang umum terjadi seperti asma, dan eksim juga berisiko mengalami gangguan jiwa.

Tidak hanya alergi saja, peneliti juga menemukan keterkaitan radang dengan gangguan jiwa, seperti depresi, bipolar, skizofrenia, dan kecemasan. Umumnya, jenis radang yang bisa menyebabkan gangguan jiwa yakni radang selaput hidung.

Hal ini juga dibenarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di salah satu rumah sakit di Taiwan yang menyebutkan bahwa beberapa pasien yang mengalami alergi, seperti asma, eksim, dan radang selaput hidung tampak menderita secara emosional.

Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menemukan sebanyak 10,8 persen orang dewasa yang mengalami alergi menderita gangguan jiwa, sementara mereka yang tidak alergi mengalami gangguan jiwa yakni sebanyak 6,7 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa orang dengan alergi berisiko 1,66 kali lipat mengalami gangguan jiwa. Selain itu, mereka juga menemukan bahwa orang dengan asma dan radang selaput hidung berisiko lebih tinggi mengalami gangguan jiwa dibanding dengan orang yang alergi eksim.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Dugaan lain penyebab dari gangguan psikis tersebut adalah dikarenakan rasa frustasi yang teramat kuat bagi penderita alergi. Seperti diketahui, ketika orang menderita alergi, maka mereka akan sangat minder ketika bertemu dengan orang lain sehingga hal itu akan membuat pikirannya menjadi kacau dan tertekan. Kemudian, saat alergi itu tak kunjung hilang, maka gairah untuk bersosial juga akan semakin menurun dan memperparah keadaan psikisnya.

Setelah mengetahui dampak buruk dari alergi dan radang seperti penjelasan di atas, bagi Anda yang masih mengalami gejala alergi ataupun radang, disarankan untuk segera memeriksanya ke dokter. Dengan memeriksanya secara dini, Anda akan segera mendapatkan solusinya dan dokter akan segera memberikan tindakan yang tepat untuk penyakit tersebut sebelum Anda mengalami gangguan jiwa.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi